Sejarah Singkat Perkembangan Mikrobiologi

No comment 353 views

Meski sebagian besar dari mikrob memiliki ukuran mikroskopis yang hanya dapat diamati dengan menggunakan mikroskop, mereka hidup bebas disekitar kita, bahkan dalam tubuh makhluk hidup lainnya. Mikrob memiliki peranan penting bagi manusia dan makhluk hidup lain.

Peran penting mikrob adalah sebagai penggerak siklus unsur-unsur di alam, biodegradasi / biodeteriorasi bahan organik, perubahan iklim, pembusukan makanan, penyebab dan pengendalian penyakit.

Dewasa ini, mikrob dapat digunakan untuk menghasilkan senyawa bioaktif yang dapat dimanfaatkan sebagai obat penyelamat jiwa, pembuatan biofuel, membersihkan polusi, serta memproduksi atau mengolah makanan dan minuman.

Bagaimana Awal Berkembangnya Mikrobiologi?

Mikrobiologi mulai berkembang sejak ditemukannya mikroskop pada tahun 1664 oleh Robert Hooke. Alat sederhana ini dapat membantu Hooke mengamati gabus secara detail. Gabus tersebut nampak memiliki ruang-ruang kecil dibawah mikroskop. Pengamatan inilah yang mengawali teori sel dan awal mula mikroorganisme diteliti secara detail.

Penemuan Hooke tidaklah sempurna,

author
Author: 
Master of Science in Microbiology (Graduated from IPB University). Linux and SEO enthusiasm. Member of Microbiology and IT Div. of Generasi Biologi Indonesia Foundation

Leave a reply "Sejarah Singkat Perkembangan Mikrobiologi"