Manfaat dan Nilai Lebih Makan Bersama di Meja Makan

No comment 837 views

Dengan semakin disibukkannya manusia dengan berbagai aktivitas sehingga kadang melupakan momen-momen penting keluarga salah satunya adalah makan bersama. Padahal banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan meluangkan waktu beberapa saat untuk duduk bersama dan makan, berikut adalah info mengenai manfaat makan bersama di meja makan:

1.  Komunikasi

Pembicaraan yang terjadi selama makan bersama memberikan kesempatan bagi anggota keluarga untuk saling terhubung dan mempelajari satu sama lain. Hal ini merupakan kesempatan untuk berbagi informasi dan berita hari ini, begitu juga memberikan perhatian ekstra terhadap anak-anak dan para remaja. Makan bersama keluarga menunjukkan kehangatan dan cinta serta perasaan saling memiliki satu sama lain yang mengikat masing-masing anggota keluarga.

 

2. Pembelajaran sikap dan sopan santun

Makan bersama juga merupakan kesempatan yang tepat untuk menunjukkan table manner yang benar, etika makan yang baik dan kemampuan sosial seperti menjaga mood seseorang saat bicara dengan kita.

3. Pengalaman rasa yang baru

Ajarkan anak-anakmu untuk mencoba makanan-makanan baru tanpa paksaan, kekerasan. Kenalkanlah makanan baru tersebut dengan cara mendampinginya dengan sesuatu yang memang disukai oleh anak-anak. Ingatlah butuh 8-10 kali perkenalan terhadap makanan baru hingga makanan itu nantinya bisa diterima, jadi jangan terburu-buru bersabarlah.

4. Gizi lebih terpelihara

Makanan yang dibuat dan disajikan di rumah biasanya lebih sehat dan bergizi. Karena berisi buah-buahan, sayuran dan produk-produk sapi yang akan menambah gizi anak seperti: kalsium, vitamin A dan C. Makanan rumahan biasanya tidak digoreng atau terlalu asin. Ditambah lagi konsumsi makanan manis dan soda biasanya jarang disajikan di meja makan.

5. Menjadikan anak mandiri

Anak-anak jaman sekarang tidak memiliki pengetahuan tentang bagaimana sebuah makanan disajikan, ilmu dasar tentang memasak, memanggang dan persiapan makanan lainnya yang merupakan hal penting untuk menjadi mandiri. Libatkanlah keluargamu dalam hal perencanaan menu, belanja kebutuhan dapur serta persiapan memasak di dapur. Anak-anak yang belum sekolah bisa dilibatkan dalam menuangkan susu, mengupas buah atau mengaduk mentega.

Bacaan lanjutan  5 Ide Usaha Mandiri Untuk Anak Sekolah

Sedangkan anak-anak remaja bisa membantu dengan memotong, mencincang, memanggang dan menggoreng sesuatu. Dengan bekerjasama maka akan membuat pekerjaan tersebut cepat selesai disamping itu juga mengajarkan tanggung jawab kepada anak.

6. Mencegah tingkah laku buruk bagi anak

Penelitian menunjukkan bahwa makan bersama keluarga yang rutin (lima kali atau lebih dalam seminggu) berhubungan dengan menurunnya tingkat merokok, minuman keras, obat-obatan terlarang ketika dibandingkan dengan keluarga yang makan bersama hanya dua kali atau bahkan tidak sama sekali. Meskipun jadwal anak semakin lama semakin padat jangan lupa untuk memasukkan makan bersama sebagai agenda wajib.

7. Meningkatkan nilai anak

Anak-anak akan mendapatkan nilai yang bagus saat lebih sering makan bersama keluarganya. Anak remaja yang makan bersama keluarga empat kali atau lebih memiliki prestasi akademik yang lebih baik dibanding anak yang jarang makan bersama keluarganya.

 

Demikianlah info mengenai manfaat makan bersama di meja makan, semoga bermanfaat.

author
Author: 
Laila Karomah yang lebih sering berpetualang di dunia maya sebagai evilgenius, merupakan mahasiswi Mikrobiologi Institut Pertanian Bogor. Bidang yang digemari oleh pegiat IT otodidak ini adalah mikrobiologi kesehatan, mikrobiologi lingkungan, bioteknologi mikrob, dan enzimologi.

Leave a reply "Manfaat dan Nilai Lebih Makan Bersama di Meja Makan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.