Mau Vaksin di Jakarta? Yuk Kenali Dulu Manfaatnya

Vaksin Corona Belum Tersedia, Lakukan Vaksin Flu Lebih Dulu?

Sejatinya, manfaat yang paling mendasar dari penggunaan vaksin itu untuk mencegah penularan penyakit. Ya, terang saja demikian, sebab vaksin itu sendiri dapat memberi pertahanan serta pelindungan pada tubuh dari berbagai jenis penyakit infeksi yang berbahaya. Adapun mengenai beberapa jenis vaksin yang paling penting untuk anak-anak seperti berikut:

  • Vaksin Hepatitis B yang berfungsi untuk mencegah virus hepatitis B, yang bisa merusak organ hati dan menyebabkan kanker hati.
  • Vaksin hepatitis A yang berfungsi untuk mencegah peradangan hati akibat serangan virus hepatitis A.
  • Vaksin polio berfungsi untuk mencegah serangan virus polio yang kerap menyebabkan kelumpuhan.
  • Vaksin BCG untuk mencegah masalah tuberculosis paru, kelenjar, tulang, dan radang otak yang bisa berujung kematian dan kecacatan.
  • Vaksin DPT untuk pencegahan penyakit difteri, pertusis, dan tetanus.
  • Vaksin campak untuk mencegah penyakit campak yang bisa mengakibatkan radang paru berat (pneumonia) dan radang otak (meningitis).
  • Vaksin Hib dan penumokokus (PVC) untuk mencegah infeksi salurah nafas berat dan radang otak.
  • Vaksin influenza untuk mencegah influenza berat.
  • Vaksin tifoid yang dapat mencegah penyakit demam tifoid berat.
  • Vaksin MR yang dapat mencegah penyakit morbili (campak) dan rubella (campak jerman).
  • Vaksin cacar air (varisela) untuk mencegah penyakit cacar air.

Pengertian Vaksin

Vaksin merupakan sebuah zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk daya tahan tubuh. Hasilnya, vaksin mampu merangsang tubuh agar dapat menciptakan antibody yang bisa menangkal kuman penyebab infeksi. Berdasarkan dari hasil peneilitian, vaksin mempunyai bakteri yang masih hidup dan ada yang sudah dilemahkan. Pemberian vaksin ini bisa dengan berbagai cara, mulai dari suntikan, tetes minum, dan melalui uap (aerosol). Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai manfaat vaksin bagi kesehatan tubuh, mari kita simak saja langsung ulasan dibawah ini.

1. Mencegah Penularan Penyakit

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa fungsi paling mendasar dari penggunaan vaksin ini untuk mencegah penularan penyakit. Ada banyak sekali kasus-kasus kematian pada bayi yang baru lahir dan anak-anak akibat wabah penyakit campak, serta pertusis (batuk rejan) yang dulu pernah mengguncang dunia. Pasalnya, pada waktu itu belum ditemukan vaksin untuk kedua jenis penyakit tersebut.

2. Melindungi Risiko Dari Kematian dan Cacat

Selain dapat mencegah penularan penyakit, pemberian vaksin juga dapat melindungi tubuh dari risiko kematian maupun cacat. Contohnya, pemberian vaksin cacar pada anak-anak yqng bisa membantu mencegah mereka terjangkit cacar di kemudian hari. Begitu juga dengan pemberian vaksin campak dan rubella, yang mampu membantu dalam menurunkan risiko penularan virus tersebut dari ibu hamil kepada janin dalam kandungan ataupun kepada bayi yang baru lahir.

3. Menghemat Waktu dan Biaya

Manfaat dari pemberian vaksin berikutnya yang harus kalian ketahui, yakni dapat menghemat waktu dan biaya. Pasalnya, pemberian vaksin merupakan salah satu investasi kesehatan paling murah, dan sudah terbukti mampu mencegah serta mengurangi angka orang sakit, cacat, hingga kematian akibat suatu penyakit. Tak hanya itu saja, pemberian vaksin juga bisa membantu seseorang terhindar dari beragam jenis penyakit yang dapat menyebabkan sakit berkepanjangan. Dengan kata lain, pemberian vaksin dapat menghemat waktu dan biaya.

Nah, bagi kamu yang sedang ingin dan berencana mencari vaksin jakarta yang recomended. Kamu bisa cek di Halodoc untuk memilih vaksin dan juga lokasi rumah sakit atau kliniknya secara mudah.

Leave a Comment