Inilah Beberapa Gejala Kanker Payudara

No comment 21 views

Sumber gambar medicalnewstoday.com

Kanker adalah salah satu penyakit yang mematikan. World Health Organization (WHO) menunjukan bahwa telah ada 507 ribu perempuan meninggal dunia akibat kanker payudara. Ada beberapa gejala kanker payudara yang wajib diketahui, terkhusus perempuan. Berikut gejala yang terjadi pada kanker payudara yang harus dikenali:

  • Tonjolan di sekitar payudara

Gelaja kanker payudara ini sering muncul saat terinfeksi kanker payudara biasanya tonjolan di sekitar payudara. Tonjolan ini ukurannya kecil atau besar tergantung stadium yang diderita. Namun, ini bukan satu alasan penyebab terjadinya tonjolan di sekitar payudara, bisa juga terjadi karena perubahan hormon. Pada kanker payudara tonjolannya memiliki tekstur keras serta permukaan tidak rata dan batas tidak terlalu jelas. Tonjolan ini akan menetap hingga lebih dari sepekan atau 8 sampai 9 hari.

Tonjolan di area sekitar puting payudara akan terlihat tertarik ke dalam serta lengket susah digerakkan. Selain tonjolan, kenali perubahan yang terjadi pada payudara Anda mengalami rasa sakit yang tidak sebentar atau lama, padahal Anda sedang atau tidak mengalami menstruasi.

  • Perubahan kulit payudara

Perubahan yang sering terjadi timbul kulit yang menebal di wilayah payudara. Payudara terlihat mengerut akibat pembuluh getah bening tertarik ke bawah, kelihatan seperti kulit jeruk (berlesung dan berlubang). Pada gejala kanker payudara ini sering tidak dikenali menganggap ini infeksi kulit.

  • Keluarnya cairan dari payudara

Cairan bening, berwarna cokelat serta kuning ke luar dari puting. Ruam terjadi di sekitar puting tanpa sebab. Namun,  tidak menutup kemungkinan ini terjadi karena hal lain, lebih baik konsultasi langsung ke Dokter.

  • Kelenjar getah bening membengkak

Daerah ketiak mengalami pembengkakan karena sel kanker telah melebar ke kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening berfungsi untuk menghancurkan zat asing (mikroorganisme) atau sel kanker. KGB (kelenjar getah bening) terdiri dari segerombolan jaringan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya di ketiak pembengkakan juga terjadi di daerah selangkang. Biasanya seperti tonjolan yang terlihat padat, tetapi lembut disentuh serta dapat membesar di wilayah ketiak.

  • Payudara besar sebelah

Payudara kiri dan kanan ukurannya sama, tetapi jika terinfeksi kanker payudara akan lebih besar akibat membengkak. Payudara yang mengalami pembengkaan akan terlihat turun ke bawah dari payudara sisi sebelahnya. Anda bisa memeriksakan kondisi kesehatan payudara jika mengalami perbedaan ukuran payudara akibat pembengkakan.

  • Puting masuk ke dalam atau tertarik

Sel kanker yang tumbuh pada payudara bisa merubah sel pada puting hingga terlihat seperti terbalik dan masuk ke dalam serta terlihat tertarik. Ukuran, bentuk, atau tampilan serta puting payudara berubah. Jika Anda mengalami ini silakan periksa ke Dokter Anda, sebab ini tidak bisa dipastikan bisa saja Anda mengalami hal lain seperti penyakit kista atau hanya sekadar infeksi.

  • Periksa secara berkala ke Dokter

Periksa kesehatan secara berkala sangat baik untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda. Tidak memiliki gejala seperti di atas bukan berarti Anda terhindar dari kanker payudara. Memeriksakan kesehatan juga ikut andil dalam mencegah terjadinya kanker dengan stadium lanjut, karena dapat diketahui secara awal.

  • Deteksi dengan berawal dari diri sendiri, periksa ke klink, serta dengan mammografi.

Pemeriksaan menggunakan sinar x dengan radiasi tingkat rendah (mammografi) berfungsi untuk melihat kondisi payudara, sebagian agar dapat memastikan serta mendiagnosa masalah pada payudara. Sangat penting melakukan tes kesehatan, karena tingkat risiko terjadinya kanker payudara sejalan dengan bertambah usia.

Dilansir dari laman Hello Sehat gelaja kanker payudara dapat dilakukan SADARI (sendiri), mammografi, serta SADANIS (klinis). Selain itu, kanker payudara stadium awal masih bisa disembuhkan. Oleh sebab itulah penting melalukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Salam sehat.

author
Author: 

    Leave a reply "Inilah Beberapa Gejala Kanker Payudara"