Bakteri Ini Dinamai Karakter Penting di Star Wars

No comment 868 views

Bakteri adalah mikroorganisme yang memiliki kemampuan untuk bertahan dan menyesuaikan diri dilingkungan manapun. Tentunya Anda sudah mengenal banyak bakteri seperti Lactobacillus yang dikenal sebagai bakteri usus baik, bakteri Vibrio cholerae. Tapi tahukah Anda? bahwa ada satu spesies bakteri yang hidup didalam mitokondria, dan dinamai berdasarkan salah satu nama dari serial film fiksi sains terkenal, Star Wars?Mau info lain tentang bakteri? Silahkan Klik Laman berikut [Info Bakteri]

Perkenalkan, Midichlorian Makhluk Mikroskopis yang Menentukan Potensi Karakter Star Wars Menjadi Jedi (atau Sith?)

Jika Anda adalah fanboy atau fangirl dari serial yang menceritakan petualangan pengguna Force ini, Anda akan mengenal istilah Midichloria, kalimat yang pertama kali perkenalkan oleh salah satu Jedi Master, Qui-Gon Jinn pada trilogi prequel Star Wars yakni The Phantom Menace ini diucapkan dalam scene dalam meme Star Wars berikut

Dilansir dari pernyataan George Lucas, Creator dari serial Star Wars yang dikutip oleh  Sassera et al. 2015, Midichlorians sendiri diinspirasi dari teori endosimbiotik, yang didefinisikan sebagai mikroorganisme yang tumbuh dan berkembang dalam sel makhluk hidup lain yang nampaknya berasal dari dua kalimat dari ilmu biologi yang bertanggung jawab dalam metabolisme sel, Mitochondrion dan Chloroplast.
Hal ini masuk akan saja, karena Anda pasti paham bahwa midichlorians, berfungsi sebagai alat transduksi sinyal antara makhluk hidup dengan medan energi alam fiksi dalam Star Wars, The Force. Dalam quote yang ditampilkan pada gambar diatas, disebut pula bahwa mikroorganisme ini menentukan apakah seseorang manusia (atau, alien?) dapat menjadi Jedi yang kuat (menjadi sith juga bisa, kan?)
Jika tidak ada karakter midichloria dalam Star Wars Universe, atraksi lightsaber battle atau saling adu Force ‘bending’ tidak dapat dipertontonkan oleh Darth Vader dkk, bukan?
Tunggu dulu,
Dalam artikel ini Kami tidak mau menceritakan potongan kisah dari Star Wars. Dalam artikel ini Kami ingin membahas, bahwa Midichlorians bukanlah mikroorganisme fiksi lagi. Pada beberapa tahun lalu telah ditemukan bakteri endosimbion yang unik, karena mampu hidup bersimbiosis dalam Mitokondria Kutu!

Perkenalkan, Midichloria mitochondrii, Sang Bakteri Star Wars, Versi Non-fiksi Dari Midichlorians

Dari penelitian yang dilaporkan oleh Sassera et al. (2015), telah ditemukan spesies bakteri unik, karena mampu hidup bersimbiosis dalam mitokondria kutu transmiter penyakit Lyme, Ixodes ricinus. Lihat gambar dibawah ini
 
Meski telah dideteksi pertama kali pada tahun 1979 oleh Lewis dkk, bakteri ini baru diajukan sebagai spesies baru dengan nama Midichloria mitochondri oleh Sassera dkk. pada tahun 2015 dalam jurnal yang mereka terbitkan pada salah satu Jurnal khusus sistematika mikrob.
Midichloria mitochondrii (B) dalam mitokondri kutu Ixodes (Ma)
Bacaan lanjutan  Sejarah dan Perkembangan Metode Klasifikasi Bakteri - Resume Bacterial Systematic
Bakteri ini termasuk bakteri gram negatif dengan bentuk sel basil atau batang dan dapat ditemukan dalam beberapa jenis sel organ ovarium dari kutu Ixodes yakni sel jaringan lumen, funikula serta oosit dari kutu inangnya tersebut.
Secara filogenetik dengan Klasifikasi Molekuler Berbasis Sekuensing 16S rRNA dan sekuens gen gyrB, disimpulkan bahwa bakteri ini termasuk dalam filum Proteobacteria, kelas Alphaproteobacteria dan ordo Ricketsiales.

Kesimpulan

Hal yang unik terjadi antara dua bidang berbeda yang berbasis sains, yakni fiksi ilmiah dan dunia ilmiah itu sendiri, dimana ‘tokoh’ yang memungkinkan makhluk hidup berhubungan dengan The Force dalam salah satu fiksi sains terbaik, Star Wars, menginspirasi ilmuwan untuk menamai dan menemukan mikroorganisme dengan kemampuan serupa, hidup bersimbiosis dalam sel makhluk hidup.
tanpa menghubungkan kutu Ixodus dengan force dan membuat mereka menjadi Jedi tentunya :v

Daftar Pustaka dan Ilustrasi

Sassera, D. et al.,2015. “ Candidatus Midichloria mitochondrii ”, an endosymbiont of the tick Ixodes ricinus with a unique intramitochondrial lifestyle. , (2006), pp.2535–2540.

Download jurnal PDF gratis

author
Author: 
Laila Karomah yang lebih sering berpetualang di dunia maya sebagai evilgenius, merupakan mahasiswi Mikrobiologi Institut Pertanian Bogor. Bidang yang digemari oleh pegiat IT otodidak ini adalah mikrobiologi kesehatan, mikrobiologi lingkungan, bioteknologi mikrob, dan enzimologi.

Leave a reply "Bakteri Ini Dinamai Karakter Penting di Star Wars"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.