Virus Tumbuhan Ini Bisa Bantu Obati Kanker

No comment 533 views

Jika Anda mendengar atau membaca info yang berkaitan dengan virus, bisa dipastikan Anda akan berpikir negatif tentang partikel replikatif yang memiliki daur lisogenik dan daur litik ini. Lalu tahukah Anda? Bahwa virus yang menyerang tumbuhan sejenis kacang-kacangan ini mampu membantu pengobatan kanker paru-paru?


Adalah Cowpea Mozaic Virus, sebuah virus penyerang kacang Cowpea (Vigna unguiculata, kacang otok) yang dimanfaatkan oleh ilmuwan dari Case Western Reserve University untuk membantu sistem imun tubuh tikus untuk memerangi berbagai jenis kanker, termasuk kanker melanoma paru-paru dan kanker melanoma kulit.

Partikel virus ini yang dimodifikasi menjadi senjata melawan kanker

Memang hanya kapsid virus CMV yang digunakan untuk penelitian pengobatan kanker ini, namun bagian non-patogen dari virus ini mampu memicu dan mempertahankan sistem imun spesifik yang berfungsi memerangi kanker sekaligus mencegah sel malignan tersebut menyebar atau melakukan metastasis.

“Penemuan ini cukup mengejutkan dan partikel nano asal virus ini memiliki kemampuan immunomodulator antikanker yang cukup potensial” Tanggap S. Fiering, seorang Professor Mikrobiologi dan Immunologi Dartmouth’s Geisel School of Medicine. Fiering menambahkan bahwa partikel nano antikanker ini mudah cenderung lebih mudah dibuat jika dibandingkan dengan antikanker lain.

Proses Observasi Partikel Virus Sebagai Terapi Kanker

Dikutip dari jurnal yang diterbitkan pada publisher jurnal terkemuka, Nature Nanotechnology, Tim peneliti Case Western Reserve University yang dipimpin oleh First Author P.H. Lizote ini melakukan modifikasi nanoteknologi pada partikel kapsid virus CMV tersebut dan membuat partikel ini menjadi semacam sakelar yang mampu membuat sistem imun tikus dengan kanker terpicu untuk memerangi kanker dalam tubuhnya dan mencegah invasi kanker kedua.
Meski diklaim memiliki potensi yang baik, pengobatan kanker dengan bantuan nanopartikel berbasis virus ini masih dalam proses pengkajian. Dilansir dari situs ScienceDaily.Com, Tim peneliti yang mengembangkan metode baru pengobatan kanker ini masih mencari dana untuk melakukan uji lanjutan, terutama menguji produk buatannya pada hewan yang memiliki kemiripan sistem imun dengan manusia.

Daftar Pustaka dan Sumber Cerita

P. H. Lizotte, A. M. Wen, M. R. Sheen, J. Fields, P. Rojanasopondist, N. F. Steinmetz, S. Fiering. In situ vaccination with cowpea mosaic virus nanoparticles suppresses metastatic cancer. Nature Nanotechnology, 2015; DOI: 10.1038/nnano.2015.292

Case Western Reserve University. “Simple shell of plant virus sparks immune response against cancer: Mice tumor free, protected from metastases after treatment.” ScienceDaily. ScienceDaily, 22 December 2015. <www.sciencedaily.com/releases/2015/12/151222113154.htm>.
Bacaan lanjutan  Dimasa Depan, Bakteri Ini Akan Membuat Anda Menjauhi Rokok!
author
Author: 
Laila Karomah yang lebih sering berpetualang di dunia maya sebagai evilgenius, merupakan mahasiswi Mikrobiologi Institut Pertanian Bogor. Bidang yang digemari oleh pegiat IT otodidak ini adalah mikrobiologi kesehatan, mikrobiologi lingkungan, bioteknologi mikrob, dan enzimologi.

Leave a reply "Virus Tumbuhan Ini Bisa Bantu Obati Kanker"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.