Mikrob Dalam Rumah Bisa Menebak Jenis Kelamin dan Hewan Peliharaan Anda Lho!

Ada Sekitar 5000 dan 2000 Spesies Bakteri Serta Fungi Yang Berbeda Dalam Rumah Anda

Boleh Saja, Anda mengganggap rumah Anda bebas ‘kuman’ setelah seharian membersihkan tiap sudut tempat Anda tinggal tersebut.

Tapi apakah Anda tahu?
Bahwa terdapat sekitar 5000 dan 2000 Spesies Bakteri Serta Fungi Yang Berbeda Dalam Rumah Anda?

Anda tidak mampu melihat dan mengamati mikrob, terutama bakteri dan khamir yang banyak tumbuh di rumah Anda. Karena rata-rata bakteri memiliki ukuran diameter  0,2 mikrometer dan panjang 2 hingga 8 mikrometer.
Ukuran bakteri yang sangat kecil (rata-rata memiliki panjang 2-8 mikrometer) mustahil dilihat dengan mata telanjang

[ Bacaan lanjutan tentang ukuran sel bakteri:The Size, Shape, And Arrangement Of Bacterial Cells ]

Untuk mengamati sel bakteri, Anda harus menggunakan mikroskop dengan pembesaran minimal 100 kali untuk mengamati makhluk menakjubkan ini.
Bukan hanya jumlahnya yang ternyata melimpah disekitar rumah Anda.
Tapi Anda mungkin takkan menduga, bahwa komunitas mikrob-mikrob, yang ada dalam rumah Anda, terutama dari debu-debu yang dikumpulkan, bisa saja menceritakan bagaimana Anda menjalani hidup!

Mikrobmu, Mencerminkan Siapa Dirimu!

Adalah Albert Barberán dkk, ilmuwan kepala tim peneliti dari University of Colorado, yang mengumpulkan data komunitas mikrob dari 1200 rumah-rumah di Amerika serikat.

Hasilnya cukup menakjubkan dan unik.

Karena ternyata tak hanya mampu mengungkap karakteristik geografis masing-masing wilayah rumah asal sampel, jenis-jenis bakteri dan khamir dalam rumah ternyata bisa menunjukkan gaya hidup, jenis kelamin bahkan keberadaan hewan peliharaan dikediaman Anda!

Scanning Mikroskop Elektron menjukkan adanya bakteri (benda berbentuk bulat) dalam kumpulan debu rumah
(Sumber: NIAID)
Jadi begini, antara bakteri dan fungi yang telah diamati keragaman dan jumlahnya, mampu memberikan implikasi yang berbeda.
Keragaman fungi menunjukkan suatu daerah yang spesifik. Misalnya pada daerah Amerika Serikat bagian barat, ragam fungi yang dominan adalah Ascomycota, terutama dari kelas Dothideomycetes dan Leotiomycetes. Sedangkan bagian timur, didominasi oleh Basidiomycota, terutama spesies dari kelas Agaricomycetes.
Nah,
Sedangkan bakteri, dapat menggambarkan gender, dan jenis hewan peliharaan yang ada dalam satu rumah.
Porphyromonas misalnya, yang mengindikasikan adanya hewan peliharaan anjing dalam rumah karena keberadaannya yang lebih tinggi pada rumah dengan anjing dibanding rumah yang tidak memiliki hewan yang disebut-sebut sebagai men best friend tersebut.

Sedang warga Amerika yang menyukai kucing, Kemungkinan bakteri dari genus Prevetolla-lah yang mendominasi kebun binatang mikrob lokal milik mereka.

Bacaan lanjutan  Bakteri Ini Tak Mau Kalah Canggih Dengan Kinerja Otak

Bakteri juga dapat digunakan untuk mendeteksi kelamin pemilik rumah.

Pada keluarga yang didominasi oleh bakteri Corynobacteria, mengindikasikan jumlah pria yang lebih banyak dibandingkan wanita. Sedangkan pada rumah yang didominasi oleh wanita, lebih banyak memiliki bakteri Lactobacillus.

Sumber Pustaka

Albert Barberán, Robert R. Dunn, Brian J. Reich, Krishna Pacifici, Eric B. Laber, Holly L. Menninger, James M. Morton, Jessica B. Henley, Jonathan W. Leff, Shelly L. Miller, Noah Fierer. The ecology of microscopic life in household dust. Proceedings of the Royal Society B, 2015 DOI: 10.1098/rspb.2015.1139 
author
Author: 
Laila Karomah yang lebih sering berpetualang di dunia maya sebagai evilgenius, merupakan mahasiswi Mikrobiologi Institut Pertanian Bogor. Bidang yang digemari oleh pegiat IT otodidak ini adalah mikrobiologi kesehatan, mikrobiologi lingkungan, bioteknologi mikrob, dan enzimologi.

Leave a reply "Mikrob Dalam Rumah Bisa Menebak Jenis Kelamin dan Hewan Peliharaan Anda Lho!"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.