Media Agar Mikrob – Melukis Dengan Bakteri Pada Media Agar

Mikrobiologi bukan hanya sekedar menelaah potensi mikroorganisme atau menelusuri kekerabatan filogenetik berbagai mikrob yang ada dilingkungan sekitar kita.American Society for Microbiology. Baru saja menggelar galeri seni dan lomba melukis dengan menggunakan media agar, dan berbagai jenis mikroorganisme berpigmen cantik dan medium diferensial yang akan berubah warna sesuai metabolisme bahan medium diferensial tersebut sebagai tintanya!

Kontes Melukis Dengan Media Agar Padat Sebagai Kanvas

The 2015 ASM Agar Art Winner merupakan kompetisi melukis unik yang diadakan oleh salah satu organisasi ahli mikrobiologi dunia, American Society of Microbiology.

Tidak seperti kompetisi seni lain, ASM Agar Art Competition ini mengharuskan peserta untuk menggunakan media agar padat dalam cawan petri sebagai kanvas dan berbagai mikroorganisme berpigmen sebagai tinta untuk menyalurkan seni mereka.

Hasil karya seni dari para master mikrobiologi dunia tersebut tak kalah dengan karya seni dengan media konvensional. Bahkan, ada salah satu peserta yang berusaha meniru salah satu karya fenomenal Van Gough, The Starry Night!

Nah, coba sedikit Anda perhatikan, memang keduanya memiliki perbedaan yang cukup besar. Namun, pengetahuan sang artist akan kemampuan suatu mikrob untuk menghasilkan pigmen tertentu serta hasil metabolisme yang akan memicu perubahan warna pada media agar patut dipuji.

Bacaan lanjutan  Pengobatan Kanker Terbaru Dengan Bakteri Clostrudium novyi NT

Karena pigmentasi suatu mikroorganisme bergantung pada jenis mikrob itu sendiri dan beberapa jalur metabolisme khusus. Hingga melukis pada media agar padat seperti yang ditampilkan diatas, tak hanya memerlukan seni, namun pemahaman akan fisiologi mikroorganisme yang digunakan sebagai tinta!

5 Pemenang 2015 ASM Agar Art Competition

Dilansir dari situs http://www.microbeworld.org, berikut lima saintis sekaligus seniman yang memenangkan lomba melukis ini.

Neuron, Oleh Mehmet Berkmen Dari New England Biolabs, Pelukis Maria Penil.

NYC Biome Map by Christine Marizzi, Kolaborasi Artis dan Ilmuwan New York City’s Community Biolab.

 Harvest Season, by Maria Eugenia Inda, Cold Spring Harbor Labs.

Pemenang Seni Media Agar Terfavorit: Cell to Cell (Oleh pemenang Pertama)

Disclaimer

Seluruh gambar dalam artikel Media Agar Mikrob – Melukis Dengan Bakteri Pada Media Agar memiliki hak cipta yang bersumber pada masing-masing kreator. Kami tidak menggunakannya untuk keperluan komersial,

for education use only!

author
Author: 
Laila Karomah yang lebih sering berpetualang di dunia maya sebagai evilgenius, merupakan mahasiswi Mikrobiologi Institut Pertanian Bogor. Bidang yang digemari oleh pegiat IT otodidak ini adalah mikrobiologi kesehatan, mikrobiologi lingkungan, bioteknologi mikrob, dan enzimologi.
  1. author

    RONALD DAYAK2 years ago

    Kreenn.. ini bs d coba nih d kelas X SMA 😀 tpi kyk y mesti punya byk jenis biakan bakteri dgn pigmen yg beda2 nih

    Reply
    • author
      Author

      Lay Namikaze2 years ago

      bisa sekalian ngajar isolasi bakteri juga mas. dari lingkungan banyak tuh bakteri atau yeast yang pigmennya cantik 🙂

      Reply

Leave a reply "Media Agar Mikrob – Melukis Dengan Bakteri Pada Media Agar"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.