Dimasa Depan, Bakteri Ini Akan Membuat Anda Menjauhi Rokok!

Merokok: Buah Simalakama Bagi Pecintanya, Bakteri Bisa Menjadi Pihak Ketiga Hubungan Tersebut!

Sebagian besar perokok mengetahui bahwa kebiasaan buruk mereka membahayakan kesehatan, bahkan jiwa mereka dan orang-orang yang mereka cintai. Tapi menjauhi rokok dan berhenti total juga bukan hal yang mudah bagi mereka. 
 
Merokok hanya membunuh Anda perlahan, dan melukai orang-orang yang Anda cintai
(Sumber gambar: http://3dprint.com)
Tembakau dan produk olahannya, rokok atau cerutu adalah penyebab utama penyakit mematikan di seluruh dunia. Bukan hanya konsumsinya saja yang membuat kerepotan, seorang perokok juga harus mengikuti terapi medis untuk benar-benar bisa berhenti dari kegiatan ini.

Ada banyak metode yang digunakan paramedis untuk mengurangi ketergantungan seseorang pada rokok, termasuk dengan memberikan plester nikotin, rokok elektrik, permen karet bahkan metode pengobatan yang mampu mereduksi pengaruh nikotin pada otak.

Nah, ternyata beberapa ahli mikrobiologi dari American Chemical Society yang dipimpin oleh J.K. Janda ini menemukan pendekatan baru dalam mengurangi populasi perokok dunia. Dan solusi dari pendekatan ini juga cukup mencengangkan,
 
Karena kelompok tersebut memiliki wacana untuk menggunakan bakteri sebagai alat mengurangi kandungan nikotin dalam rokok, yang juga sekaligus menurunkan resiko merugikan dan sifat addiktif dari sebatang rokok.

Kunci Dari Inovasi Ini Adalah Enzim dari Bakteri Pemakan Nikotin

Adalah bakteri Pseudomonas putida, bakteri yang memiliki bentuk batang dan memiliki flagella ini ternyata dikenal sebagai bakteri pemakan nikotin dan banyak diteliti karena kemampuannya mendegradasi limbah pengolahan tembakau.

 
P.putida memiliki enzim NicA2, sebuah biokatalis yang bertanggung jawab dalam pendegradasian nikotin, zat utama penyebab addiksi dalam tembakau.
Dalam penelitiannya yang berjudul “A New Strategy for Smoking Cessation: Characterization of a Bacterial Enzyme for the Degradation of Nicotine” Janda dan Xue menemukan bahwa enzim NicA2 mampu mendegradasi nikotin yang terkandung dalam serum darah tikus secara total dalam waktu 30 menit. 
 
Jadi, meski Anda merokok, enzim ini akan menghancurkan nikotin yang menyebabkan kecanduan dan dengan sendirinya, Anda akan mulai menjauhi rokok dan produk olahan tembakau ini selamanya.
 
Enzim ini juga memiliki stabilitas yang tinggi dibuktikan dengan kemampuan enzim itu bertahan dalam suhu 98 Fahrenheit dalam waktu tiga minggu. Stabilitas enzim ini dibutuhkan untuk memastikan sekali pemakaian enzim ini pada perokok, akan berefek cukup lama, hingga tidak memerlukan penggunaan berulang. 
 
karakter biokimiawi enzim pemakan nikotin
Kim Janda menegaskan bahwa penemu
anya ini masih belum siap untuk digunakan secara global dan masih dalam tahap pengkajian. Namun Kim Janda yakin,bahwa tak lama lagi bakteri pemakan nikotin dan enzim terapisnya dapat mengurangi jumlah addiksi perokok pada mesin pembunuh tersebut.

Bacaan lanjutan  Ibu Stress Akibatkan Profil Mikrobiota Bayi Berubah

Sumber Pustaka

American Chemical Society. “Nicotine-eating bacteria could one day help smokers kick the habit.” ScienceDaily. www.sciencedaily.com/releases/2015/08/150812131456.htm (accessed October 9, 2015).
Song Xue, Joel E. Schlosburg, Kim D. Janda. A New Strategy for Smoking Cessation: Characterization of a Bacterial Enzyme for the Degradation of Nicotine. Journal of the American Chemical Society, 2015; 150806132815001 DOI: 10.1021/jacs.5b06605
author
Author: 
Laila Karomah yang lebih sering berpetualang di dunia maya sebagai evilgenius, merupakan mahasiswi Mikrobiologi Institut Pertanian Bogor. Bidang yang digemari oleh pegiat IT otodidak ini adalah mikrobiologi kesehatan, mikrobiologi lingkungan, bioteknologi mikrob, dan enzimologi.
  1. author

    GlamFather3 years ago

    waaaaaaa..
    entah ini berita baik apa buruk,
    😀

    Reply
  2. Manfaat dan Nilai Lebih Makan Bersama di Meja Makan - Master Mikrobiologi3 years ago

    […] keluarga yang rutin (lima kali atau lebih dalam seminggu) berhubungan dengan menurunnya tingkat merokok, minuman keras, obat-obatan terlarang ketika dibandingkan dengan keluarga yang makan bersama hanya […]

    Reply

Leave a reply "Dimasa Depan, Bakteri Ini Akan Membuat Anda Menjauhi Rokok!"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.