Bukan Hanya Sumber Penyakit, Bakteri Juga Bisa Menjadi Baterai!

Bakteri Bukan Hanya Penyebab Penyakit, Mereka Menakjubkan!

Sebagian dari Anda mungkin mengenal bakteri sebagai sumber penyakit, identik dengan hal yang jorok dan cenderung dihindari oleh banyak orang.

Setelah membaca artikel ini, mungkin Anda akan berubah pikiran, bahkan terkagum-kagum,
Karena kelompok peneliti dari European Association of Geochemistry, berhasil menemukan bakteri yang menjadi kandidat baterai canggih masa depan!

Bakteri menjadi baterai, mungkinkah?
Sebuah penelitian baru yang dipimpin oleh Dr James Byrne menunjukkan bahwa dengan menggunakan partikel magnetik, bakteri dapat menghasilkan dan sendiri energi listrik dalam partikel magnetik yang disebut magnetite tersebut.
Penemuan ini kemudian menjadi dasar wacana penggunaan baterai dari bakteri tersebut untuk menyuplai energi untuk membersihkan lingkungan dari polutan, bahkan menyediakan energi untuk aplikasi biologis lain.

Begini Cara Bakteri Menghasilkan Listrik dan Kegunaan Listrik Tersebut Bagi Kehidupan sang Bakteri

Dari kolaborasi sekelompok ilmuwan dari University of Tübingen, the University of Manchester, and Pacific Northwest National Laboratory, USA mempelajari mekanisme produksi aliran listrik dan penyimpanannya dalam magnetik menggunakan bakteri fotosintetik, Rhodopseudomonas palustris. 
 
Dengan mengatur intensitas cahaya yang menyinari kultur bakteri tersebut, kelompok ilmuwan tadi mengukur aliran elektron dan mekanisme yang bertanggung jawab menghasilkan elektron, yang bergerak membentuk aliran listrik dan bagaimana elektron-elektron tersebut disimpan dalam magnetite.
Pengamatan tersebut menunjukkan bahwa bakteri fototroph yang meng-oksidasi besi sebagai sumber elektronnya tersebut mampu melepas elektron dari magnetite saat siang hari, dan meng-charge kembali elektron yang hilang dari magnetite pada malam hari
 
Bioreaktor listrik sederhana dari kultur Rhodopseudomonas palustris (Sumber:Bruce E. Logan)
Proses oksidasi dan reduksi magnetite tersebut terus berlangsung selama beberapa siklus. Hal ini membuktikan bahwa nantinya, baterai berbahan dasar bakteri dan magnetite ini mampu digunakan secara berulang.

Teknologi Ini Juga Menjanjikan Prospek Cerah Dalam Bidang Lingkungan

Selain berpotensi menjadi primadona baru dunia elektronik, bakteri penghasil listrik juga diproyeksikan menjadi promotor bioremediasi baru.
Hal ini ditegaskan oleh Co-author, Andreas Kappler (Tübingen), Kappler menegaskan bahwa penemuan mereka juga memiliki potensi untuk diaplikasikan dalam dunia geokimia. Contohnya adalah pemanfaatan magnetite sebagai pereduksi jumlah logam berat berbahaya dengan mengubah logam-logam tersebut bentuk kimiawi yang aman untuk lingkungan.
Konkretnya, telah terbukti bahwa magnetite ini dapay mereduksi logam berat beracun krom [Cr(VI)] menjadi bentuk yang lebih bersahabat dengan menambahkan elektron pada logam beracun tersebut. Kemudian fakta ini menginspirasi para ilmuwan untuk meningkatkan kemampuan remediasi bakteri dengan mengenalkan magnetite pada bakteri bioremediator tersebut.
Tapi tentu saja, proses ini masih membutuhkan waktu lebih panjang untuk segera diwujudkan. Baik sebagai baterai yang futuristik atau pahlawan lingkungan berukuran mikron dimasa depan!

Sumber Pustaka

  1. James M. Byrne, Nicole Klueglein, Carolyn Pearce, Kevin M. Rosso, Erwin Appel, Andreas Kappler. Redox cycling of Fe(II) and Fe(III) in magnetite by Fe-metabolizing bacteriaScience, 2015 DOI: 10.1126/science.aaa4834
  2. European Association of Geochemistry. “Bacteria can use magnetic particles to create a ‘natural battery’.” ScienceDaily. ScienceDaily, 26 March 2015. <www.sciencedaily.com/releases/2015/03/150326151654.htm>
  3. http://schaechter.asmblog.org/schaechter/2011/03/geobacter-microbial-superhero.html
  4. http://www.engr.psu.edu/ce/enve/logan/bioenergy/mfc_photos.htm

Incoming search terms:

  • bioreaktor sederhana
  • cara membuat bioreaktor sederhana
  • cara membuat mesin bioreaktor sederhana
Bacaan lanjutan  Bakteri Ini Tak Mau Kalah Canggih Dengan Kinerja Otak
author
Author: 
Laila Karomah yang lebih sering berpetualang di dunia maya sebagai evilgenius, merupakan mahasiswi Mikrobiologi Institut Pertanian Bogor. Bidang yang digemari oleh pegiat IT otodidak ini adalah mikrobiologi kesehatan, mikrobiologi lingkungan, bioteknologi mikrob, dan enzimologi.
  1. author

    Abdul Aziz3 years ago

    Keren…

    Reply
  2. Bakteri Ini Bisa Melindungi Temannya, Bagaimana Dengan Anda? - Master Mikrobiologi3 years ago

    […] lingkungan, bakteri yang Anda kenal sebagai penyebab penyakit mungkin tidak sejahat berbagai pikiran negatif yang disebarkan oleh perusahaan sabun di […]

    Reply
  3. Bakteri Penghasil Emas Ini Bisa Membuatmu Kaya Raya! - Master Mikrobiologi2 years ago

    […] Bacaan Terkait: Baterai dari Bakteri […]

    Reply

Leave a reply "Bukan Hanya Sumber Penyakit, Bakteri Juga Bisa Menjadi Baterai!"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.