7 Daerah Penghasil Kopi Luwak Terbesar dan Terbaik di Indonesia

Mungkin Anda sudah tahu Indonesia adalah negara yang menghasilkan kopi luwak terbesar di dunia. Lebih dari separuh kopi luwak yang ada di dunia dipasok dari Indonesia. Tapi, tahukah Anda dari daerah mana sebenarnya kopi luwak ini berasal? Untuk itu Anda harus mencaritahunya, kan?

Kebanyakan kopi luwak yang dijual di pasaran sekarang ini adalah kopi luwak yang aspal. Salah satunya kopi luwak yang mungkin bisa Anda temukan dalam sachet-an dengan harga murah. Nah, bila Anda ingin mendapatkan kopi luwak asli dengan citarasa tinggi, maka datanglah ke daerah-daerah ini!

  1. Aceh Tengah

Salah satu penghasil kopi luwak terbesar dan terbaik di Indonesia adalah Aceh. Lebih khususnya Aceh Tengah. Konon, daerah ini memiliki lahan kopi terbesar se-Asia. Tahu berapa total lahannya? 95 ribu hektardengan rata-rata produksi kopinya 750 kg per tahun.

Dari lahan kopi seluas serta hasil sebanyak itu sebagian dari hasilnya adalah kopi luwak. Meski tidak mencapai 10% dari hasil kopi panenan pertahun, kopi luwak di sini dihasilkan cukup banyak dan kualitasnya termasuk yang terbaik.

  1. Sidikalang

Daerah penghasil kopi luwak terbesar dan terbaik selanjutnya ada di Sumatera Utara. Tepatnya di daerah Sidikalang. Lokasi kebun kopi daerah ini berada pada ketinggian 1.066 mdpl dan sudah mampu menghasilkan kopi dengan kualitas terbaik. Bahkan, bisa menyaingi kualitas kopi dari Brazil.

Eits, tak hanya kopi biasanya saja yang terkenal, kopi luwaknya juga. Bagi Anda yang doyan sama kopi, rugi jika datang ke Sumatera Utara tapi tidak mencoba mampir ke tempat ini. Anda bisa melihat berhektar-hektar kebun kopi serta proses pengolahannya.

  1. Lereng Gunung Tanggamus

Tahu di mana letak Gunung Tanggamus? Yap! Gunung ini ada di Lampung. Kopi yang dihasilkan di tempat ini termasuk yang terbaik di Indonesia serta telah diekspor ke luar negeri, lho! Di lereng pegunungan Tanggamus ini, setidaknya ada 59 hektar lahan kopi yang masih sangat bagus.

Bacaan lanjutan  7 Pengendalian Mikroorganisme & Pengawetan Makanan

Lahan kopi ini menjadi rekomendasi wisata yang bagus untuk dikunjungi. Terutama bagi Anda yang ngaku sebagai pecinta kopi. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai jenis kopi. Mulai dari kopi robusta, arabika hingga kopi luwak.

  1. Garut

Pindah ke Pulau Jawa, ada Kota Garut yang mengisi jajaran berikutnya. Kota ini sudah jadi sentra kopi sejak zaman penjajahan Belanda hingga kini. Di sini, Anda bisa mendapatkan kopi luwak dengan kualitas terbaik dari petaninya langsung. Bahkan Anda bisa menikmatinya sambil memandang perkebunan kopi yang asri.

  1. Kampung Banaran, Ambarawa

Pindah ke Jawa Tengah, tepat di Ambarawa, Anda akan menemukan sebuah kampung yang dijadikan sebagai tempat agrowisata kopi. Namanya Kampung Banaran. Di tempat ini, Anda bisa menemukan ratusan pohon kopi hingga cara pengolahannya. Di sini, Anda juga bisa melihat proses pembuatan kopi luwak hingga siap saji.

  1. Lembah Baliem

Lembah Baliem ada di kawasan Papua, tepatnya di Wamena. Ini adalah salah satu daerah penghasil kopi luwak terbaik di Indonesia. Meski begitu, jumlahnya tidaklah sebanyak wilayah lain. Jika Anda ke sini, sempatkanlah mencicipi kopinya yang khas dengan rasa yang kuat tapi tidak begitu pahit. Sempatkan juga mencicipi kopi luwaknya yang cukup terkenal.

  1. Toraja

Ke Sulawesi, kini ada di daerah Toraja. Sejak dulu Toraja sudah dikenal sebagai salah satu penghasil kopi dan kopi luwak terbaik. Bahkan, negara Jepang yang notabene adalah negara konsumen kopi luwak terbesar di dunia sudah berkali-kali melakukan tur perjalanan ke kebun-kebun kopi di Toraja. Anda tak mau ikutan?

Nah, itulah beberapa wilayah di Indonesia yang menghasilkan kopi luwak terbaik dan terbesar. Meski berada di daerah asalnya, jangan harap Anda bisa mendapatkan harga kopi luwak yang murah. Harganya tetap mahal. Jadi, bila Anda menemukan kopi luwak di pasaran dijual dengan murah, yakin itu kopi luwak yang asli?

Bacaan lanjutan  7 Pengendalian Mikroorganisme & Pengawetan Makanan

Incoming search terms:

  • negara penghasil kopi luwak
  • daerah di Indonesia bermaskot luwak
  • daerah yang memproduksi kopi luwak
  • dimanakah produksi kopi luwak
  • kopi luwak terbaik
  • daerah produksi kopi luak
  • kopi luwak berasal dari daerah
  • luak terbesar di jawa
  • penghasil kopi luwak terdapat di negara
  • penghasil luwak
author
Author: 

Leave a reply "7 Daerah Penghasil Kopi Luwak Terbesar dan Terbaik di Indonesia"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.