Ibu Stress Akibatkan Profil Mikrobiota Bayi Berubah

No comment 836 views
Jika Anda mengalami stress saat hamil, jangan biarkan berlarut, karena stress pada seorang Ibu akan menyebabkan perubahan profil populasi mikrobiota buah hari Anda. Hal ini tidak bisa dianggap remeh karena secara observatif, perubahan mikrobiota dalam vagina saat Anda stress, dapat berpengaruh pada mikrobiota usus dan perkembangan otak buah hati Anda.
Bayi yang baru lahir atau neonatus mendapatkan kasih sayang Ibu berupa mikrobiota dari vagina. Mikrobiota asal vagina ibu ini akan menjadi sumber untuk kolonisasi flora normal usus yang berfungsi mematangkan kekebalan tubuh, perkembangan otak dan sistem metabolisme sel buah hati Anda.
Interaksi awal antara buah hati Anda dan mikrobiota terjadi selama jendela kritis perkembangan jaringan syaraf, yang menunjukkan kehidupan awal sebagai periode penting dari pengaruh silang antara usus, sebagai tempat mikrobiota tumbuh dan berkoloni dengan perkembangan sistem syaraf, termasuk otak buah hati Anda.
“Stress yang dialami Ibu hamil dapat mempengaruhi perkembangan otak anaknya dengan perubahan mikrobioma vagina, yang akan diberikan pada bayi saat dilahirkan” Terang Tracy Bale, Ph.D, dari University of Pennsylvania salah satu peneliti yang mengkaji penelitian ini. Bale menambahkan bahwa stress seorang Ibu dapat mempengaruhi jenis mikrobiota yang mengkolonisasi usus anaknya, karena perubahan dalam mikrobioma vagina yang terjadi selama stress berlangsung. Perubahan ini juga ikut mempengaruhi banyak aspek termasuk perkembangan syaraf dan kekebalan sang bayi.

Dibuktikan Dengan Profil Mikrobiota Bayi Tikus Bunting yang Diinduksi Stress

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tikus bunting yang diinduksi stress melalui pemaparan pada aroma predator, induksi kebisingan dan tekanan lain. Setelah tikus melahirkan, dilakukan profiling komunitas mikroba dengan sampel berupa cairan vagina induk tikus dan feses bayi tikus.
Selain itu, dianalisis pula usus distal dari induk dan anakan tikus serta kemampuan otak anakan tikus untuk mentransportasi asam amino.Hasilnya cukup mengejutkan, karena ditemukan bahwa stress benar-benar mempengaruhi komposisi dan profil mikrobiota dalam usus anaknya yang baru lahir.
Penemuan ini menunjukkan korelasi penting antara profil mikrobioma vagina ibu sebagai donor utama mikrobiota pengkoloni usus pertama pada keturunannya, serta pengaruh perubahan tersebut pada perkembangan sang buah hati, terutama perkembangan otak pada keturunan lelaki.

Daftar Pustaka dan Ilustrasi

 
Jašarević E, Howerton CL, Howard CD, Bale TL. Alterations
in the Vaginal Microbiome by Maternal Stress Are Associated With Metabolic
Reprogramming of the Offspring Gut and Brain.
Endocrinology. 2015 Sep;156(9):3265-76. doi:
10.1210/en.2015-1177.
Bacaan lanjutan  Transduksi Sinyal Pada Mikroorganisme
author
Author: 
Laila Karomah yang lebih sering berpetualang di dunia maya sebagai evilgenius, merupakan mahasiswi Mikrobiologi Institut Pertanian Bogor. Bidang yang digemari oleh pegiat IT otodidak ini adalah mikrobiologi kesehatan, mikrobiologi lingkungan, bioteknologi mikrob, dan enzimologi.

Leave a reply "Ibu Stress Akibatkan Profil Mikrobiota Bayi Berubah"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.