Mikrobiologi Air Minum Kemasan: Kasus Cemaran Bakteri AMK Kanada


Air minum dalam kemasan seperti aqua galon, club, Le Minerale dan beberapa merk lokal lainnya berasal dari air tanah atau mata air pegunungan yang termasuk dalam ekosistem oligotropik, ekosistem yang memiliki sedikit kandungan nutrisi hingga mikroorganisme yang hidup sangat sedikit dan terbatas pada mikroorganisme yang mampu hidup dalam keadaan miskin nutrisi. Dari uji mikrobiologi air minum, umumnya mikroorganisme pada air kemasan dapat naik setelah beberapa hari.

Bacaan Terkait: Mikrobiologi Lingkungan

Leclerc H dan Moreau A (2002) melaporkan bahwa komunitas bakteri yang banyak ditemukan pada air kemasan adalah bakteri dengan karakter khusus seperti bakteri aerob, bakteri yang bersifat saprofit, dan bakteri gram negatif berbentuk batang atau gram-negative rods bacteria.

Sumber air tanah sebagai bahan baku utama air mineral dalam kemasan harusnya bebas dari bahaya kontaminasi feses yang diindikasi oleh keberadaan bakteri feses. Oleh karena itu, sebelum memilih sumber air sebagai bahan air kemasan, sebuah pabik atau perusahaan air minum dalam kemasan haruslah melakukan beberapa uji seperti:

  • Data ekologi
  • Keanekaragaman komunitas bakteri
  • Keberadaan bakteri coliform dan fecal coliform

Sedangkan setelah sumber mata air tersebut diolah menjadi air minum dalam kemasan, hasil produksi berupa air mineral botolan, aqua galon, atau air minum dalam gelas haruslah melalui serangkaian uji berikut:

  • Penghitungan jumlah bakteri dengan teknik plate count
  • Deteksi mikroorganisme indikator cemaran
  • Deteksi virus dan protozoa patogen

Kasus tercemarnya air minum dalam kemasan oleh bakteri dilaporkan oleh American Society for Microbiology pada tahun 2010 lalu.
Komunitas Mikrobiologi amerika tersebut menemukan bahwa dari perhitungan heterotrofik, 70% dari sampel air mineral dalam kemasan pada daerah kanada memiliki jumlah bakteri yang sangat tinggi.

Bacaan lanjutan  Cara Mencegah Bakteri Patogen Dengan Quorum Quenching

Meski FDA, EPA dan badan kesehatan negara Kanada tidak memiliki batasan yang pasti terhadap hasil penghitungan heterotrofik, seharusnya bakteri dalam air kemasan tidak boleh lebih dari 500 cfu/ml sampel air.
Studi kasus oleh ASM ini diawali oleh laporan karyawan perusahaan Ccrest tentang rasa air minum dalam kemasan produksi perusahaan tersebut yang terasa aneh dan menyebabkan mual setelah dikonsumsi.

Kemudian tim Azam dkk membeli beberapa merek air minum dalam kemasan dan melakukan uji mikrobiologi pada air minum sampel tersebut. Hasilnya adalah 70 persen dari beberapa merek air minum tidak lolos uji mikrobiologi yang mereka lakukan.

Azam menekankan bahwa bakteri-bakteri tersebut memang tidak menyebabkan suatu penyakit secara langsung pada masyarakat sehat. Pada uji yang mereka lakukan, tidak ditemukan bakteri penyebab penyakit. Namun, jumlah bakteri yang tinggi pada sampel tersebut dapat menjadi ancaman bagi ibu hamil, bayi, dan manula yang daya tahan tubuhnya lemah.

Bacaan terkait: Bahaya Pola Hidup Sehat Berlebihan

Azam, mewakili rekan-ekannya juga menambahkan bahwa air minum dalam kemasan tidak sepenuhnya bebas dari bakteri dan mikroorganisme lain. Namun, dengan tingginya jumlah bakteri hasil perhitungan heterotrofik serta fakta bahwa belum ada jumlah batas maksimum dari metode tersebut, perlu dibuat suatu standart jumlah maksimum hasil perhitungan heterotrofik yang aman untuk dikonsumsi.

Selain standart perhitungan seperti yang disebutkan tadi, Azam juga merasa perlu diteliti dari mana asal bakteri-bakteri pencemar air minum dalam kemasan tersebut.

Read more http://mikrobio.net/2016/04/mikrobiologi-air-minum-kemasan.html

Daftar Pustaka dan Jurnal Mikrobiologi Air Minum

American Society for Microbiology. “High level of bacteria found in bottled water in Canada.” ScienceDaily. ScienceDaily, 26 May 2010. <www.sciencedaily.com/releases/2010/05/100525140954.htm>.
Henri Leclerc, Annick Moreau. Microbiological safety of natural mineral water. DOI: http://dx.doi.org/10.1111/j.1574-6976.2002.tb00611.x 207-222 First published online: 1 June 2002

Incoming search terms:

  • aporan uji cemaran mikroba pada air minra daam kemasan
  • contoh kasus mikroba
  • Bakteri yang hidup di air kemasan
  • cemaran mikroba air minum
  • contoh kasus air mineral
  • penyebab uji mikroba pada amdk tidak lolos standart
  • contoh khasus yang ada pada mikroorganisme
  • Contoh soal kasus bakteriologi tentang perhitungan bakteri
  • kasus mikrobiologi
  • kenapa mikroba dalam air mineral tak terhingga pada ujj alt
author
Author: 
Laila Karomah yang lebih sering berpetualang di dunia maya sebagai evilgenius, merupakan mahasiswi Mikrobiologi Institut Pertanian Bogor. Bidang yang digemari oleh pegiat IT otodidak ini adalah mikrobiologi kesehatan, mikrobiologi lingkungan, bioteknologi mikrob, dan enzimologi.

Leave a reply "Mikrobiologi Air Minum Kemasan: Kasus Cemaran Bakteri AMK Kanada"