Jenis dan Peranan Mikroorganisme di Lingkungan Sekitar Kita

Sebelum bahasan utama artikel dari kategori Mikrobiologi Lingkungan ini yakni Jenis dan Peranan Mikroorganisme di Lingkungan Sekitar Kita dikaji lebih dalam,

Coba terlebih dahulu sebutkan makhluk hidup yang dominan pada berbagai lingkungan pada gambar diatas!

Oke saja, jika Anda menyebutkan pepohonan pada gambar paling atas, berbagai jenis alga pada gambar perairan dan menebak bahwa tak ada kehidupan yang mampu bertahan pada gambar bawah kanan, yang berasap tebal serta bersuhu tinggi.

Ada bagian paling besar dari kehidupan, bisa saja Kita sebut sebagai dark matter of life, yang mengisi ruang kehidupan tanpa bisa terdeteksi. Bagian ini adalah aneka mikroorganisme.

Mengenal Mikroorganisme: The Dark Matter of Life

Mikroorganisme didefinisikan sebagai makhluk hidup yang memiliki ukuran sangat kecil hingga perlu digunakan alat bantu berupa mikroskop untuk mengamati makhluk hidup ini. Untuk membayangkan ukuran mikroorganisme, silahkan pelajari skala perbandingan ukuran sel berikut!
Jika Anda sulit membayangkan ukuran mikroorganisme, Anda bisa membayangkan jenis bakteri endosimbion, Midichloria mitocondrii yang hidup dalam organel sel mitokondria!
Sel M.mitochondrii yang hidup bersimbiosis dengan Mitokondria, organel sel yang berfungsi menghasilkan energi
Dan jika Anda membaca kembali artikel Kami, Klasifikasi Molekuler Berbasis Sekuensing rDNA, Anda pasti tahu bahwa makhluk hidup, termasuk mikroorganisme terklasifikasi dalam tiga domain yakni Bacteria, Archaebacteria dan Eucarya.
Dan dari gambar ilustrasi tiga domain diatas, Anda dapat menyadari, bahwa mikroorganisme seperti bakteri dan cendawan adalah bagian yang paling dominan dari kehidupan, bukan manusia, hewan, tumbuhan dan makhluk makroskopis lain.

Jenis dan Peranan Mikroorganisme Prokariot di Lingkungan

Prokariot adalah organisme paling sederhana dengan ciri khas tidak adanya membran inti pada sel mereka. Secara umum, ciri-ciri sel prokatiot dapat Anda pelajari pada tabel berikut:
Organisme prokariot sendiri terbagi menjadi dua kelompok besar (domain) yakni domain Archaea dan Eubacteria (Bacteria).

Peranan dan Keragaman Bakteri

Bakteri adalah sel prokariotik dan merupakan sel makhluk hidup yang paling simple diantara sel mikrob yang lain. Bakteri makhluk hidup yang paling beragam di muka bumi bahkan di lingkungan ekstrem seperti sumber air panas atau Antartika yang sangat dingin, bakteri dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.
Keragaman bakteri, selain ditinjau dari segi filogenetik juga dapat ditinjau dari komponen penyusun sel-nya. Contohnya, dari komponen penyusun dinding sel, bakteri dibagi menjadi empat kelompok:
  •  Bakteri Gram positif  : Bakteri yang memiliki peptidoglikan tebal pada dinding selnya
  •  Bakteri Gram negatif : Bakteri yang memiliki peptidoglikan lebih tipis dan memiliki lapisan        lipopolisakarida
  •  Mycoplasma             : Kelompok bakteri yang tidak memiliki dinding sel
  •  Archaea                   :  Kelompok bakteri yang tidak memiliki peptidoglikan
Bacaan lanjutan  Bakteri Penghasil Emas Ini Bisa Membuatmu Kaya Raya!

Peranan Bakteri Pada Lingkungan dan Pemanfaatan Oleh Manusia

Bakteri memiliki banyak peranan dalam ekosistem. Proses biogeokimia, siklus nutrisi, bioremediasi, sebagai penyebab penyakit pada hewan atau tumbuhan, dan berbagai aplikasi mikrob dalam dunia bioteknologi seperti produksi obat dan bahan baku industri.
Dari segi lingkungan sendiri, bakteri juga dapat berfungsi sebagai produsen karena beberapa bakteri seperti Cyanobacteria mampu memfiksasi CO2 dengan bantuan energi yang dikonversi dari energi matahari berupa ATP dan NADH menjadi bahan organik, terutama karbohidrat yang dapat dimanfaatkan oleh mikrob lain dalam suatu lingkungan
.

Incoming search terms:

  • peranan mikroorganisme
  • mikroorganisme
  • peran mikroorganisme
  • peranan mikroorganisme dalam suatu lingkungan
  • peranan mikrobiologi
  • mikroorganisme dan peranannya
  • https://mikrobio net/mikrobiologi-lingkungan/jenis-dan-peranan-mikroorganisme-di-lingkungan-sekitar-kita html
  • peran mikroorganisme di lingkungan
  • peranan mikroorganisme dalam lingkungan
  • peranan mikroorganisme terhadap lingkungan
author
Author: 
Laila Karomah yang lebih sering berpetualang di dunia maya sebagai evilgenius, merupakan mahasiswi Mikrobiologi Institut Pertanian Bogor. Bidang yang digemari oleh pegiat IT otodidak ini adalah mikrobiologi kesehatan, mikrobiologi lingkungan, bioteknologi mikrob, dan enzimologi.

Leave a reply "Jenis dan Peranan Mikroorganisme di Lingkungan Sekitar Kita"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.