Bakteri Ini Bisa Melindungi Temannya, Bagaimana Dengan Anda?


Pada lingkungan, bakteri yang Anda kenal sebagai penyebab penyakit mungkin tidak sejahat berbagai pikiran negatif yang disebarkan oleh perusahaan sabun di televisi.

Pada dasarnya, bakteri memiliki sistem sosial rumit yang memungkinkan suatu spesies bakteri mendapat bahan makanan yang dibutuhkannya seperti karbohidrat, asam amino, dan berbagai sumber energi lainnya untuk proses pemanenan energi seperti fermentasi atau siklus krebs.

Asosiasi Pada Bakteri: Bagaimana Spesies Bakteri Saling Menguntungkan

Bukan hanya saling menyediakan makanan. Kelompok bakteri yang membentuk komunitas dalam suatu wilayah akan saling melindungi satu sama lain agar bakteri lain, yang tidak mau ikut bekerja sama tumbuh dilingkungan tempat mereka hidup.

[Bacaan yang terkait : Mikrobiologi Lingkungan – Memanfaatkan Mikrob Untuk Kesejahteraan Manusia ]

Disadur dari jurnal yang berjudul Privatization of cooperative benefits stabilizes mutualistic cross-feeding interactions in spatially structured environments karya Pande et al. 2015, ternyata bakteri-bakteri memiliki mekanisme khusus untuk menyingkirkan kelompok bakteri lain yang tidak memberikan manfaat pada komunitas mereka.

Dengan lain kata, bakteri-bakteri tersebut saling melindungi satu sama lain, agar keseimbangan komunitas mereka tetap terjaga.

Mekanisme Pencegahan Tumbuhnya Bakteri yang Tidak Memberi Manfaat

Dalam Jurnal yang diterbitkan dijurnal terkemuka The ISME Journal tersebut, Pande dkk juga melaporkan bagaimana cara bakteri yang mereka teliti melakukan eleminasi pada kelompok bakteri yang tidak memiliki peran dalam kegiatan saling bertukar makanan yang dijalin, demi melindungi satu sama lain.
Dengan membandingkan dua kelompok bakteri, yakni bakteri yang sudah terbiasa bekerja sama dan kelompok bakteri lain yang cenderung menjadi pengganggu, Pande dkk menemukan bahwa kelompok bakteri pertama memproduksi asam amino tertentu, yang menekan pertumbuhan kelompok bakteri kedua.

Daftar Pustaka

Samay Pande, Filip Kaftan, Stefan Lang, Aleš Svatoš, Sebastian Germerodt, Christian Kost. Privatization of cooperative benefits stabilizes mutualistic cross-feeding interactions in spatially structured environments. The ISME Journal, 2015; DOI:10.1038/ismej.2015.212

Disarikan dari
Max Planck Institute for Chemical Ecology. “Cooperating bacteria isolate cheaters.” ScienceDaily. ScienceDaily, 8 December 2015. <www.sciencedaily.com/releases/2015/12/151208133443.htm>.
Bacaan lanjutan  Dimasa Depan, Bakteri Ini Akan Membuat Anda Menjauhi Rokok!

author
Author: 
Laila Karomah yang lebih sering berpetualang di dunia maya sebagai evilgenius, merupakan mahasiswi Mikrobiologi Institut Pertanian Bogor. Bidang yang digemari oleh pegiat IT otodidak ini adalah mikrobiologi kesehatan, mikrobiologi lingkungan, bioteknologi mikrob, dan enzimologi.

Leave a reply "Bakteri Ini Bisa Melindungi Temannya, Bagaimana Dengan Anda?"