Ini Penyebab Infeksi Mikroorganisme Patogen Berbahaya!

Sebelumnya belum ditemukan rahasia sel bagaimana manusia berinteraksi dengan mikroorganisme patogen, terutama bakteri yang menyebabkan penyakit manusia serius diungkap dalam penelitian baru oleh Mikrobiologi di Universitas Nottingham.

Para ilmuwan di University Centre untuk Biomolecular Sciences telah menemukan pencerahan tentang bagaimana dua protein yang ditemukan pada banyak sel-sel manusia ditargetkan oleh mikroorganisme patogen Neisseria meningitidis yang dapat menyebabkan meningitis pengancam kehidupan dan septicaemia.

Interaksi Antara Sel Manusia dan Mikroorganisme Patogen

Molekul yang Menjadi Penengah Antara Sel Manusia dan Patogen

Protein, reseptor laminin (LAMR1) dan galectin-3 (Gal-3) ditemukan dalam dan pada permukaan sel-sel manusia yang banyak. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan mereka memainkan peran yang beragam dalam berbagai penyakit menular dan non-menular. Sebagai contoh, LAMR1 adalah reseptor kunci yang ditargetkan oleh patogen penyebab penyakit dan racun mereka dan juga reseptor untuk penyebaran kanker seluruh tubuh dan untuk perkembangan Alzheimer.

mikroorganisme-patogen-berbahaya

Bacaan lanjut: Alzheimer’s Disease & Dementia | Alzheimer’s Association

Menggunakan Pemesanan bimolecular fluoresensi dan teknik pencitraan confocal, para peneliti telah menunjukkan bahwa protein terpisah ini dua dapat membentuk pasangan yang terdiri dari dua molekul yang sama (homodimers) atau salah satu dari setiap molekul (heterodimers) yang ditargetkan oleh Neisseria meningitidis. Mereka juga telah mengidentifikasi komponen penting yang menyebabkan pembentukan pasangan ini molekul.

Mekanisme ini melibatkan mekanisme transduksi sinyal tiga langkah antara protein dan bakteri patogen bisa memiliki implikasi signifikan di bidang infeksi, vaksinasi dan biologi kanker.

Bacaan lanjutan  Sejarah Kelam Penemuan Antibiotik

Baca Juga: Oncobiome: Interaksi Mikrobioma Manusia yang Menginduksi Kanker

Profesor mikrobiologi, Dr Karl Wooldridge, mengatakan: “kami telah menunjukkan bukti diri dan saling Asosiasi kedua protein penting dan distribusi permukaan mereka berbeda pada sel manusia. Kami juga telah menunjukkan bahwa mereka yang ditargetkan oleh patogen serius Neisseria meningitidis. Hal ini penting karena protein ini berpotensi digunakan untuk mengembangkan vaksin baru dan perawatan yang bisa sabotase kolonisasi bakteri berbahaya, dan juga yang dapat melindungi penghalang darah – otak yang mengganggu dalam kasus meningitis bakteri.”

Co-peneliti Dr Jafar Mahdavi menambahkan: “salah satu masalah belajar laminin reseptor adalah bahwa ada setidaknya dua bentuk LAMR1 yang ditemukan pada permukaan sel, disebut 37LRP dan 67LR, dan banyak studi sebelumnya telah tidak cukup membedakan antara dua bentuk. Ada antibodi yang tersedia tetapi kekhususan untuk berbagai jenis laminin reseptor tidak sebelumnya telah memadai dilaporkan. Dalam penelitian kami kami mampu mengidentifikasi antibodi yang mendeteksi jenis spesifik reseptor.

Pandangan Untuk Perkembangan Riset

Jurnal ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal Royal Society terbuka biologi ini menginformasikan seluruh bidang laminin reseptor penelitian, bukan hanya infeksi.

Tim di Nottingham mengatakan bahwa dengan memeriksa bakteri sebagai model organisme yang telah belajar bagaimana memanipulasi sistem biologi sel, mereka mungkin mendapatkan wawasan ke dalam bagaimana Kedokteran dapat memanipulasi sistem sel untuk pengobatan kanker, penyakit Alzheimer dan penyakit lainnya yang terkait dengan laminin reseptor.

 

Jurnal referensi

F. Alqahtani, J. Mahdavi, L. M. Wheldon, M. Vassey, N. Pirinccioglu, P.-J. Royer, S. M. Qarani, S. Morroll, J. Stoof, N. D. Holliday, S. Y. Teo, N. J. Oldfield, K. G. Wooldridge, D. A. A. Ala’Aldeen. Deciphering the complex three-way interaction between the non-integrin laminin receptor, galectin-3 and Neisseria meningitidis. Open Biology, 2014; 4 (10): 140053 DOI: 10.1098/rsob.140053

Bacaan lanjutan  Sejarah Kelam Penemuan Antibiotik

Incoming search terms:

  • apa itu infeksi microorganisme
  • mengapa bakteri patogen berbahaya bagi kesehatan manusia jelaskan
  • Infeksi patogen melalui
  • mengapa bakteri fatogen
  • mengapa bakteri fatogen berbahaya bagi kesehatan manusia
  • mengapa bakteri patogen berbahaya bagi manusia
  • penyebab infeksi mikroorganisme
author
Author: 
Laila Karomah yang lebih sering berpetualang di dunia maya sebagai evilgenius, merupakan mahasiswi Mikrobiologi Institut Pertanian Bogor. Bidang yang digemari oleh pegiat IT otodidak ini adalah mikrobiologi kesehatan, mikrobiologi lingkungan, bioteknologi mikrob, dan enzimologi.
  1. AC Rusak dan Karpet Kotor Adalah Sarang Mikrob Patogen dan Tungau Penyebab Penyakit - Master Mikrobiologi2 years ago

    […] rusak dapat menyebabkan kualitas udara ruangan rumah Anda menjadi buruk bahkan dapat menjadi sarang mikrob patogen. Selain mikrob patogen, bahaya lain yang mengancam kesehatan Anda dan keluarga Anda adalah […]

    Reply

Leave a reply "Ini Penyebab Infeksi Mikroorganisme Patogen Berbahaya!"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.