Medium Luria-Bertani : Komposisi, Kegunaan dan Cara Membuat LB


Mengenal Medium Lysogeny Broth (Luria Bertani Broth, LB)

Medium LB atau Lysogeny Broth adalah medium kaya yang dapat digunakan untuk menumbuhkan berbagai jenis bakteri, namun banyak digunakan untuk menumbuhkan bakteri Eschericia coli, terutama untuk keperluan analisis dan rekayasa genetika yang melibatkan bakteri gram negatif tersebut.

Medium LB diformulasi oleh Guisseppe Bertani dan memiliki kepanjangan Lysogeny Broth meski banyak yang menuliskan kepanjangan LB sebagai Luria-Bertani.

Kandungan, Cara Membuat dan Kegunaan Medium LB

Dalam satu liter LB atau LA terdiri dari komposisi berikut:

Komposisi Medium LB dan LA (Perkiter)

  • Tryptone 10% = 10 gram
  • NaCl 10% = 10 gram
  • Yeast extract 5% = 5 gram
  • Agar 15-20% = 15-20 gram (untuk membuat medium LB Agar)

Cara Membuat Medium LB atau LA

  • Semua bahan diatas dilarutkan dengan akuades hingga mencapai volume 1 L dan disterilisasi dengan autoklaf pada suhu 121°C dan tekanan 1,5 ATM selama 20 hingga 30 menit.
  • Untuk LB Agar atau medium LA, sebaiknya dipanaskan sambil diaduk hingga agar meleleh dan terlarut sempurna dalam LB. Dengan demikian, agar akan memadat seragam ketika dituang pada petri.

Kegunaan Masing-masing Kandungan Medium LB

Tryptone pada medium LB berfungsi sebagai sumber karbon sekaligus sumber nitrogen yang vital bagi pertumbuhan bakteri. Tryptone sendiri merupakan hasil hidrolisat kasein yang mengandung banyak peptida dan asam amino.

Bacaan lanjutan  Cara Membuat Medium PDA dan PDB

Asam-asam amino dalam Tryptone merupakan jenis asam amino yang dapat dipakai sebagai sumber energi hingga meski LB memiliki sedikit karbohidrat, dapat dengan baik menyokong pertumbuhan bakteri.

Ekstrak khamir atau Yeast Extract memberikan suplai vitamin, bahan organik seperti asam lemak dan lipid serta beberapa mineral untuk pertumbuhan bakteri. Sedangkan NaCl digunakan untuk menjaga tekanan osmotik sel bakteri agar tidak ‘pecah’.

Pemanfaatan Medium LB di Bidang Mikrobiologi

Dalam dunia Mikrobiologi, LB digunakan secara luas untuk menumbuhkan beberapa bakteri, khususnya bakteri E.coli. Namun, medium ini lebih banyak digunakan dalam bidang biologi molekuler, khususnya dalam rekayasa genetika mikrob karena memiliki kandungan karbohidrat yang sedikit, terutama glukosa (Sezonov et al. 2007).

Hal ini merupakan sebuah keuntungan karena mencegah ter-represinya gen LacZ yang digunakan dalam proses kloning dan produksi protein rekombinan.

Meski demikian, keterbatasan karbohidrat pada medium LB akan mengakibatkan fase eksponensial E.coli pada LB medium akan berakhir pada OD600=0,3 (Sezonov et al. 2007).

Bakteri lain yang ditumbuhkan dalam LB adalah Chromobacterium violaceum. Bakteri ini merupakan bakteri yang menghasilkan pigmen ungu, violacein, yang membutuhkan triptofan. Triptofan adalah asam amino yang menjadi substrat awal pembentukan pigmen yang diatur dengan quorum sensing tersebut. Tryptone, salah satu bahan komposisi Luria bertani, memiliki banyak asam amino aromatik tersebut.

Daftar Pustaka

Sezonov, G., D. Joseleau-Petit, and R. D’Ari, Escherichia coli physiology in Luria-Bertani broth. Journal of Bacteriology, 2007. 189(23): p. 8746-9.

Bertani, G. (2004). “Lysogeny at mid-twentieth century: P1, P2, and other experimental systems”. Journal of Bacteriology. 186 (3): 595–600. doi:10.1128/JB.186.3.595-600.2004. PMC 321500Freely accessible. PMID 14729683.

Bacaan lanjutan  Medium Nutrient Agar - Komposisi, Kegunaan dan Cara Membuatnya

Incoming search terms:

  • https://mikrobio net/mikrobiologi-dasar/medium-mikrobiologi/medium-lb-luria-bertani html
  • media lb
  • media luria bertani agar adalah
  • media lb adalah
  • medium lb
  • media luria bertani
  • fungsi media LB
  • medium luria bertani
  • komposisi media luria bertani
  • komposisi media cair mikrobiologi
author
Author: 
Laila Karomah yang lebih sering berpetualang di dunia maya sebagai evilgenius, merupakan mahasiswi Mikrobiologi Institut Pertanian Bogor. Bidang yang digemari oleh pegiat IT otodidak ini adalah mikrobiologi kesehatan, mikrobiologi lingkungan, bioteknologi mikrob, dan enzimologi.

Leave a reply "Medium Luria-Bertani : Komposisi, Kegunaan dan Cara Membuat LB"