Bakteri Penghasil Emas Ini Bisa Membuatmu Kaya Raya!

2 comments 3008 views

Bakteri Penghasil Emas Ini Bisa Membuatmu Kaya Raya!

Bakteri, dalam persepsi masyarakat luas adalah organisme penyebab penyakit yang harus dibasmi. (thanks to that soap and antiseptic commercial). Memang benar, ada beberapa bakteri patogen diantara banyak jenis bakteri yang telah dicatat oleh ilmuwan.

Tapi diantara ribuan jenis itu, banyak bakteri yang menguntungkan bagi manusia, seperti bakteri Clostrudium novyi NT yang digunakan sebagai agen antikanker, bakteri yang bisa membuat pintar bahkan diharapkan mampu menghasilkan energi listrik dimasa depan!

Bacaan Terkait: Baterai dari Bakteri

Okay, mungkin contoh diatas terlalu berat untuk dipahami,

Tapi jika Anda mendengar bakteri Lactobacillus casei Strain Shirota, Anda pasti akan berdecak ‘ah, bakteri baik itu! (thanks to that fermented milk commercial).

Nah, manfaat dari bakteri diatas mungkin terlalu mainstream. Karena dalam artikel ini, Kami akan memaparkan bakteri penambang emas yang bisa membuat kaya!

Bakteri Penghasil Emas dan Mekanismenya

Bakteri memiliki adaptasi yang sangat tinggi, hingga tidak seperti makhluk hidup lain yang habitat atau tempat tinggalnya terbatas, bakteri mampu hidup pada daerah-daerah ekstrim, bahkan pada permukaan emas. Padahal emas terlarut adalah substansi yang beracun bagi bakteri.

Jadi begini,

Kemampuan bakteri mengkolonisasi emas menunjukkan bahwa mereka memiliki mekanisme pertahanan yang membuat mereka tahan terhadap toksisitas emas tersebut, bahkan mampu mengakumulasi partikel emas dalam sel-sel.

bakteri penghasil emas

Bakteri C.metallidurans dan Delftia acidovorans dapat tumbuh pada permukaan emas dan mengendapkan serta mengakumulasi emas-emas terlarut (sumber:nature.com)

Umumnya mekanisme biomineralisasi emas terlarut, bakteri seperti Delftia acidovorans dilakukan dengan menghasilkan senyawa Delftibactin yang mampu mengendapkan emas terlarut.

Bacaan lanjutan  Nematode-Trapping Fungi yang Berperan di Dalam Infeksi Nematoda sebagai Agensia Hayati

Mekanismenya seperti ini,

Delfibactin mengikat partikel emas terlarut, Au3+ dengan bantuan logam gallium, salah satu komponen substansi tersebut. Sedangkan gugus fungsi aldehid atau keton yang dapat mereduksi partikel Au3+­­ menjadi Au, partikel emas yang tidak larut.

bakteri penghasil emas

Proses pengendapan emas oleh delfibactin bakteri penghasil emas

Presipitasi atau endapan emas yang dihasilkan oleh bakteri tersebut umumnya ditemukan dalam dua bentuk. Bentuk pertama adalah partikel-partikel emas kecil terkoloidisasi. Bentuk kedua adalah partikel emas murni berukuran besar dengan pola partikel unik yakni berbentuk oktahedral.

bakteri penghasil emas

bentuk endapat emas murni yang dihasilkan bakteri penghasil emas: bentuk padatan besar oktahedral (panah merah) dan padatan kecil terkoloid (panah biru)

Nah,

Dengan kemampuan tersebut, diharapkan semacam pertambangan emas masa depan dengan memanfaatkan bakteri Delftia acidovorans dan bakteri Cupriavidus metallidurans (dua bakteri pengkoloni emas paling dominan) sebagai penambang emas yang mampu mengakumulasi dan menghasilkan partikel emas murni dari emas-emas terlarut yang sangat susah dikumpulkan.

Dan bakteri akumulator emas tersebut, dapat dipanen untuk menghasilkan emas murni! Bahkan ada ilmuwan yang menyatakan, bahwa bakteri-bakteri tersebut mampu menghasilkan emas hingga 24 karat!

Jadi,

Dengan menumbuhkan bakteri Cupriavidus metallidurans dan Delftia acidovorans dalam media tumbuh dengan pelarut yang diduga memiliki kandungan emas terlarut tinggi mungkin akan membuat Anda kaya!

Tapi sebelum mengetahui cara mencari Cupriavidus metallidurans dan Delftia acidovorans dan menumbuhkannya, Anda harus belajar mikrobiologi terlebih dahulu! :v

Sumber Pustaka dan Bacaan Lanjut:

Gold-digging bacterium makes precious particles

Johnston CW, Wyatt MA, Li X, Ibrahim A, Shuster J, Southam G, Magarvey NA. Gold biomineralization by a metallophore from a gold-associated microbe. Nat Chem Biol. 2013 Apr;9(4):241-3. doi: 10.1038/nchembio.1179. Epub 2013 Feb 3. PubMed PMID: 23377039.

Bacaan lanjutan  Medium Nutrient Agar - Komposisi, Kegunaan dan Cara Membuatnya

 

Incoming search terms:

  • bakteri penghasil emas
  • habitat bakteri cupriavidus metallidurans
  • penyusun bakteri cupriavidus metallidurans terdiri dari apa saja
  • cupriavidus metallidurans bakteri
  • caraambilbaktericupriavidusmetallidurans
  • cara mendapatkan bakteri cupriavidus metallidurans
  • cara dapatkan bakteri cupriavidus metalidurans
  • cara buat bakteri cupriavidus metallidurans
  • cara banyak terdapat dimana bakteri cupriavidus metallidurans
  • Bakteri penghasil amprolium
author
Author: 
Laila Karomah yang lebih sering berpetualang di dunia maya sebagai evilgenius, merupakan mahasiswi Mikrobiologi Institut Pertanian Bogor. Bidang yang digemari oleh pegiat IT otodidak ini adalah mikrobiologi kesehatan, mikrobiologi lingkungan, bioteknologi mikrob, dan enzimologi.
  1. Medium Nutrient Agar - Komposisi, Kegunaan dan Cara Membuatnya - Master Mikrobiologi2 years ago

    […] Bakteri Penghasil Emas Ini Bisa Membuatmu Kaya Raya! […]

    Reply
  2. author

    yongki2 years ago

    keren gan

    Reply

Leave a reply "Bakteri Penghasil Emas Ini Bisa Membuatmu Kaya Raya!"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.