Kopi Luwak, Mungkinkah Dijual dengan Harga Murah?

No comment 82 views

Pertanyaan dalam judul ini mungkin pernah menggelayuti benak Anda. Kalau kopi luwak asli dijual dengan harga murah kan bisa lebih banyak yang menikmatinya. Sayangnya, keinginan Anda yang ini kemungkinan besar tidak akan terkabul. Kopi luwak asli tetaplah mahal dan menjadi salah satu komoditas terbaik Indonesia. Kok bisa begitu?

Jalan untuk Populer Cukup Terjal

Kopi luwak bukanlah sembarang kopi. Terdapat banyak nilai historis yang bisa dipetik di dalamnya. Dengan kata lain, ketika Anda menyesap kopi luwak, maka secara tidak langsung Anda tengah menikmati wisata sejarah. Meskipun hanya dalam batasan secangkir kopi. Jalan yang ditempuh agar kopi luwak seterkenal sekarang itu cukup terjal.

Dimulai dari penemuan kopi yang dilakukan oleh para buruh di zaman penjajahan Belanda. Tepatnya saat ada politik Tanam Paksa. Kemudian setelah ketahuan, kopinya diberendel oleh bos Tanam Paksa. Baru setelah puluhan tahun, akhirnya muncul juga di berbagai acara populer dunia, seperti di acara Oprah Winfrey. Apakah bisa murah? Sekali lagi, tidak bisa.

Kualitasnya Sulit Ditandingi

Dalam puluhan tahun itu, baru ada satu kopi yang mungkin mampu menandingi kopi luwak. Namanya black ivory asal Thailand. Itu pun prosesnya merupakan adaptasi dari proses pembuatan kopi luwak. Hanya saja perbedaannya terletak pada media tempat berproses. Kalau kopi luwak lewat fermentasi luwak atau musang, black ivory pakai gajah.

Selain itu? Belum ada. Mulai dari aroma, tekstur, tampilan, hingga kesan yang timbul setelah menyesap kopi luwak itu memiliki ciri yang khas. Tidak mudah menyamai kualitas yang didapatkan dari proses pembuatan kopi luwak. Bahkan ketika Anda menerapkan teknik penggilingan hingga penyeduhan kopi biasa dengan cara terbaik sekalipun.

Sangat Langka atau Jumlahnya Sangat Terbatas

Jumlah kopi luwak yang sangat terbatas dikarenakan produksinya juga sangat terbatas. Maklum saja. Bagi luwak, makan kopi itu seperti camilan bagi manusia. Bukan sumber makanan utama atau yang rutin dikonsumsi ketika lapar. Kopi yang dimakan juga pilih-pilih alias hanya yang sudah benar-benar matang. Kopi setengah matang sudah pasti dibiarkan.

Keberadaan luwak pemakan biji kopi hanya ada di beberapa negara saja. Jumlah terbanyak ada di Indonesia. Kalau toh beberapa negara lain tersebut mengonsumsinya, soal cita-rasa tidak seenak kopi luwak asal Indonesia. Kelezatannya sudah diakui secara dunia. Tokoh-tokoh dunia juga sering angkat suara terkait kopi luwak asal Indonesia ini.

Kopi Luwak Telah Jadi Ikon Produk Kopi Indonesia

Beberapa daerah di Indonesia sudah terang-terangan memproduksi kopi luwak. Hanya saja, kopi luwak yang jadi sorotan berasal dari Sumatera. Umumnya berasal dari daerah Sumatera Utara dan Aceh. Cita rasanya sangat enak. Kabar ini juga sudah dilansir oleh Coffeeroastersdirect atau media yang khusus membahas tentang dunia kopi.

Hal tersebut senada dengan apa yang dituturkan oleh Deputi Bidang Statistik Distribusi dan JBPS. Berbagai merek maupun produk kopi dari dunia pun kalah oleh kualitas kopi luwak khas Indonesia. Bahkan kopi luwak juga pernah memenangi penghargaan bergengsi atas kompetisi produk kopi terlezat di dunia.

Kopi Luwak Kaya akan Manfaat untuk Kesehatan

Satu hal yang wajib Anda sadari, bahwa kesehatan itu mahal harganya. Orang rela membayar berpuluh-puluh juta ketika didiagnosis menderita penyakit berat. Misalnya penyakit kanker dan lainnya. Tapi hanya dengan meminum secangkir kopi luwak secara rutin, penyakit itu berangsur-angsur sembuh. Lebih murah dibandingkan saat dibawa ke rumah sakit.

Setelah melihat fakta di atas, apakah Anda masih mengira kopi luwak asli bisa dijual murah? Pasti tidak, kan? Saat ini sudah banyak peneliti kopi yang mulai membuat formulasi khusus untuk dimanfaatkan secara luas. Ini kabar baik untuk Anda dan kita semua. Meskipun mahal, berkorban sesekali demi mengobati rasa penasaran boleh-boleh saja kok. Amat dianjurkan.

author
Author: 

Leave a reply "Kopi Luwak, Mungkinkah Dijual dengan Harga Murah?"