Pergerakan Flagela Bakteri

No comment 2851 views

PERGERAKAN FLAGELA BAKTERI


Pada dasarnya, flagela adalah motor yang terdiri dua komponen utama yakni rotor dan stator. Rotor flagela terdiri dari poros tengah (central rod), serta cincin LPC dan cincin MS (Gambar 1). Secara kolektif, struktur tersebut membentuk badan basal dari flagela.Sedangkan stator terdiri dari protein Mot yang mengelilingi badan basal dan berfungsi untuk menghasilkan torsi yang menggerakkan motor tersebut.
Rotasi dari flagela merupakan aktivitas dari badan basal. Energi yang dibutuhkan dihasilkan melalui mekanisme proton motion force.  Pergerakan proton pada kompleks protein Mot mengakibatkan flagella berotasi. Pada proses tersebut, terdapat sekitar 1000 protion ditranslokasikan untuk menghasilkan satu kali rotasi motor flagella. 

Dengan model turbin proton pada gambar berikut dapat dijelaskan bahwa proton dialirkan melalui saluran pada protein Mot dibagian rotor flagela dan menyebabkan perubahan aliran elektrostatis pada protein rotor. Gaya tarik manarik antara muatan positif dan negatif yang dipicu oleh pergerakan proton pada protein Mot pada badan basal mengakibatkan perputaran/pergerakan dari flagela.

.

Struktur Molekular Flagela Bakteri

Arah rotasi filamen flagela terjadi searah dan berlawanan perputaran jarum jam. Permutaran motor flagela yang digerakkan oleh badan basal dari filamen flagela ditenagai oleh pergerakan ion sodium yang bergerak melintasi membran sitoplasma. 

Badan flagela terdiri dari badan basal, j
angkar dan filamen. Badan basal adalah struktur yang berperan sebagai motor yang bergerak secara reversible. Struktur tersebut tertanam dalam penutup sel (membran dan dinding sel). Sedangkan jangkar dan filamen flagela berfungsi sebagai sendi universal dan baling-baling penggerak. Kedua struktural tersebut terletak diluar penutup sel.


Pada bagian motor (badan basal), terdiri dari tiga bagian yakni rotor, drive shaft, bushing  dan sejumlah stator. Bagian rotor dan strator sendiri terdiri dari kompleks protein transmembran. Bagian strator memicu aliran ionik (aliran proton maupun sodium melalui membran sitoplasmik) dan mengkonversi pergerakan ionik tersebut menjadi gaya mekanik yang dibutuhkan untuk pergerakan flagela.   


Struktur Rotor Flagella


Rotor dari flagella terdiri dari empat protein yakni FliF, FliG, FliM dan FliN. Protein FliF membentuk cincin MS dalam membran sitoplasmik. Sedangkan FliG, FliM dan FliN berfungsi sebagai protein penggerak yang bertanggung jawab dalam menghasilkan torsi sekaligus sebagai kemudi arah pergerakan flagela dengan mengubah arah pergerakan searah atau berlawanan jarum jam.

Pengikatan Stator Pada Badan Basal

Protein FliG terdiri dari paling tidak tiga domain yakni FliGN, FliGM, dan FliGC. FliGN menghubungkan protein FliG dengan cincin M bagian luar. Sedangkan FlGM dan FliGC digabungkan oleh sebuah alfa heliks.


Kompleks MotA dan MotB merupakan protein integral yang terdiri dari empat jenis MotA dan dua jenis MotB. Kompleks tersebut berfungsi sebagai saluran aliran proton saat melali membran sitoplasma dan menghasilkan torsi dari pergerakan tersebut.Kompleks tersebut berfungsi sebagai strator dari motor flagela. Translokasi (pergerakan) proton pada kompleks tersebut menginduksi perubahan konformasi dari MotA (MotAc) yang membentuk loop sitoplasma dan mengakibatkan perubahan muatan pada tesidu MotAc yang berinteraksi dengan protein FliG dan menggerakkan motor flagela. Pembelokan MotB yang berfusi dengan GFP pada membrane pool.  
Bacaan lanjutan  Endospora Bakteri – Struktur, Pembentukan, dan Fungsinya

Incoming search terms:

  • apa yang berperan dalam pergerakan flagella
  • flagela dan mekanisme pergerakan
  • Apa yang berperan dalam pergerakan flagella?
  • apa yang menggerakan flagella
  • apa yg berperan dalam pergerakan flagela
  • mekanisme gerak flagela
  • mekanisme gerak flagell
  • pergerakan flagela
  • Pergerakan flagella
  • ug berperan dalam pergerakan flagella
author
Author: 
Laila Karomah yang lebih sering berpetualang di dunia maya sebagai evilgenius, merupakan mahasiswi Mikrobiologi Institut Pertanian Bogor. Bidang yang digemari oleh pegiat IT otodidak ini adalah mikrobiologi kesehatan, mikrobiologi lingkungan, bioteknologi mikrob, dan enzimologi.

Leave a reply "Pergerakan Flagela Bakteri"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.