Ciri-ciri Bakteri dan Prospek Bakteri Ekstremofil Pada Industri

Pendahuluan: Definisi dan Ciri-ciri Bakteri

Definisi bakteri: bakteri adalah kelompok mikroorganisme yang digolongkan dalam jenis sel prokariotik, yakni organisme yang tidak memiliki membran inti (karyoteka). Dalam sistem filogeni, bakteri terbagi menjadi dua domain yakni archaebacteria dan eubacteria.  Selain merupakan organisme prokariotik, ciri-ciri bakteri lain adalah memiliki dinding sel, tidak memiliki sistem organel sel bermembran ganda, memiliki ukuran sel yang jauh lebih kecil dari sel eukariotik dan memiliki satu kromosom tunggal yang sirkuler.

Definisi dan Ciri-ciri Bakteri Ekstremofil

Definisi bakteri ekstremofil

Bakteri ekstremofil didefinisikan sebagai bakteri yang mampu tumbuh optimum pada lingkungan hidup yang memiliki kondisi ekstrem seperti temperatur lingkungan yang tinggi seperti pada kawah gunung berapi, sumber air panas, dan bahkan pada tumpukan kompos. kelompok bakteri ini disebut sebagai bakteri termofilik), hidup dilingkungan bersuhu sangat rendah ( seperti pada puncak gunung dengan salju abadi, kutub selatan dan utara bumi, hingga pada freezer. Disebut bakteri psikrofilik), memiliki keasaman atau sifat basa ekstrim (Asam: asidofilik, basa:alkalofilik), serta wilayah dengan kadar garam tinggi seperti pada Laut Mati (sering disebut sebagai bakteri halofilik) dan sebagainya.



Posisi filogeni bakteri pada pohon kehidupan (Image source:textbookofbacteriology.net)

Ciri-ciri Bakteri Ekstremofil

Ciri-ciri bakteri ekstremofil yang utama adalah kemampuannnya untuk hidup optimum pada keadaan ekstrem seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Bakteri ekstremofil secara sistematika umumnya termasuk dalam golongan archaebakteria. Meski ada beberapa jenis bakteri ini yang termasuk golongan eubacteria. 


Bakteri ekstremofil mampu hidup pada lingkungan ekstrem seperti pada sumber air panas ini. Warna biru dan kecoklatan tersebut adalah populasi bakteri ekstremofil. (Credit: “Grand prismatic spring” by Jim Peaco, National Park Service  )

Cari Info lain disini

Google
Custom Search

Secara morfologi, bakteri ekstremofil memiliki kenampakan yang sama dengan bakteri pada umumnya (silahkan baca pendahuluan). Namun, yang menjadi pembeda adalah beberapa organel dan komponen sel yang terspesialisasi dan mampu menyokong pertumbuhan mereka dalam kondisi ekstrem. Contohnya enzim yang termostabil.

Adaptasi Bakteri Terhadap Lingkungan Ekstrem

Adaptasi Bakteri Thermofilik

Adaptasi Bakteri Halofilik

Adaptasi Bakteri Psikrofilik

Adaptasi Bakteri Asidofilik

Jurnal Prospek Industri Bakteri Ekstremofil (Halofil)

Penutup

Demikian artikel “Ciri-ciri dan Prospek Industri Bakteri Ekstremofil” ini. Isi dan mutu artikel akan diperbaiki apabila ada sumber pendukung mutakhir yang memuat update terbaru tentang ciri-ciri bakteri ekstremofil beserta fisiologisnya yang sangat penting untuk Anda ketahui.

Pencarian terkait:

author
Author: 
Master of Science in Microbiology (Graduated from IPB University). Linux and SEO enthusiasm. Member of Microbiology and IT Div. of Generasi Biologi Indonesia Foundation

Leave a reply "Ciri-ciri Bakteri dan Prospek Bakteri Ekstremofil Pada Industri"