Bagaimana Sih Cara Menghilangkan Garis Merah di Word? Ini Dia Jawabannya

5 Cara Menghilangkan Garis Merah di Word yang Ampuh, Wajib Tahu

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa sebagian besar pengguna PC maupun laptop pasti membutuhkan Microsoft Office. Ya, terang saja demikian, sebab Office ini merupakan sebuah program yang dapat memudahkan kita untuk mengerjakan berbagai tugas dan pekerjaan seperti mengetik, perhitungan, dan presentasi.

Ada berbagai jenis program yang disuguhkan oleh Microsoft Office, dan salah satu yang populernya adalah Microsoft Word. Program yang satu ini memang selalu dibutuhkan banyak kalangan, mulai dari pelajar, pekerja kantoran, pengusaha, dan lain sebagainya. Akan tetapi, disaat kita sedang menulis di Word terkadang muncul garis yag berwarna merah. Lantas, apa maksud dan tujuan dari garis merah tersebut?

Tujuan Adanya Garis Merah di Word

Pada dasarnya, Microsoft Word itu sendiri berfungsi untuk mempermudah para penggunanya dengan beragam macam tools dan symbol yang ada di Word, dan salah satunya adalah tanda garis merah yang muncul di dokumen Word kamu. Nah, yang menjadi tujuan atau maksud dari adanya garis merah di Word, yakni berfungsi sebagai tanda ketika kamu mengalami kesalahan saat mengetik. Dengan begitu, maka secara otomatis program ini juga sekaligus dapat mengecek ketepatan kamu dalam menulis.

Contohnya, ketika kamu salah dalam mengetikan sebuah kata, maka Word akan secara otomatis memunculkan garis merah di bagian bawah setiap kata yang salah pengetikan. Dengan demikian, adanya garis merah di Word ini bisa meminimalisir kesalahan dalam mengetik.

Namun sayangnya, pengecekan kesalahan dalam menulis ini dapat dilakukan ketika kamu mengatur regional Word-nya. Misalnya, jika kamu mengatur dengan regional US (bahasa Inggris), maka secara otomatis program Microsoft Word tersebut hanya akan mengoreksi kata-kata yang berbahasa Inggrisnya saja. Oleh karena itu, ketika kamu menulis tulisan berbahasa Indonesia, maka setiap kata yang kamu tulis akan muncul garis merah di bagian bawah.

Itu artinya, garis merah tersebut menunjukan bahwa pengaturan regional dalm Word-nya adalah berbahasa Inggris dan bukan bahasa Indonesia. Lalu, bagaimanakah cara menghilangkan garis merah di Word? Nah, bagi kalian yang ingin tahu caranya, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word 2016:

  1. Pertama-tama, silahkan buka dokumen Word yang hendak kamu hilangkan garis merahnya. Setelah itu, klik pada File yang ada di bagian pojok kanan atas.
  2. Jika sudah demikian, nantinya akan muncul beberapa opsi menu, dimana kamu hanya tinggal klik saja pada menu “Options” yang ada di bagian paling bawah.
  3. Dengan begitu, maka akan muncul jengela “option” yang sudah kamu pilih tadi. Selanjutnya, kamu tinggal langsung klik menu “Proofing”.
  4. Langkah berikutnya, di jendela Proofing tersebut kamu bisa langsung atur agar garis merah di Word-nya hilang dengan cara menghilangkan tanda “checklist” di bagian pengaturan Check Spelling as You Type. Begitu juga saat kamu ingin menghilangkan garis hijau di Word, silahkan hilangkan tanda “checklist” yang ada di bagian Mark grammar erros as you type.
  5. Tahap terakhir, kamu hanya tinggal klik “OK” untuk menyimpan hasil pengaturan yang sudah kamu ubah tadi. Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan?

Demikianlah ulasan singkat seputar cara menghilangkan garis merah yang ada di Word, sehingga kamu bisa mengetik lagi dengan nyaman. Selain untuk Word 2016, cara tersebut juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan garis merah di Word 2010.

Leave a Comment