Rekomendasi Produk Pelembab Wajah Untuk Kulit Berjerawat

Jika jerawat sulit untuk disembuhkan, hal ini bisa jadi disebabkan oleh pemakaian produk perawatan wajah, terutama pelembab, yang tidak sesuai dengan kulit Anda. Saat ini tersedia banyak merek pelembab seperti The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya yang menawarkan produk-produk dengan kandungan untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda. Untuk itu, pada artikel kali ini kita akan membahas lebih lanjut tentang cara memilih pelembab wajah, khususnya untuk kulit berjerawat, berikut beberapa rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan kulit untuk hasil yang maksimal.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang produk-produk pelembab wajah rekomendasi terbaik, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu tentang beberapa tips dalam memilih produk pelembab.

  1. Pilih yang khusus untuk masalah jerawat atau kulit sensitif. Jika Anda ingin memilih produk untuk perawatan jerawat, perhatikanlah kandungan bahan-bahan yang digunakan di dalamnya karena tidak sedikit produk yang tidak mencantumkan keterangan perawatan untuk kulit berjerawat pada kemasannya. Sebaliknya, ada juga kandungan bahan yang sebaiknya dihindari untuk kulit yang berjerawat. Oleh karena itu, perhatikanlah kandungan bahan suatu produk dengan saksama sebelum Anda membelinya.
  2. Pilih yang memiliki label “non-comedogenic tested”. Hal penting lainnya dalam memilih pelembab wajah untuk kulit berjerawat adalah memperhatikan ada tidaknya label hasil uji non-comedogenic. Ini merupakan tes yang dilakukan dengan memeriksa bahan dasar suatu produk guna melihat respon kulit terhadap pelembab yang diaplikasikan. Penilaian dilihat berdasarkan mudah timbul atau tidaknya komedo yang berpotensi menjadi bakal jerawat. Produk yang lulus uji biasanya menyertakan label “non-comedogenic tested” pada kemasannya. Ketika menggunakan produk dengan label ini, risiko terjadinya masalah kulit akibat pemakaian produk skincare akan berkurang dan jerawat juga lebih sulit muncul. Penggunaan pelembab dengan label “non-comedogenic tested” bukan berarti dapat menyembuhkan jerawat. Namun, produk semacam ini memiliki lebih sedikit kandungan bahan yang dapat menyebabkan jerawat dibandingkan pelembab biasa untuk perawatan jerawat. Itu artinya, produk dengan label ini lebih efektif dalam mencegah timbulnya jerawat atau menghambat agar kondisi jerawat tidak semakin parah. Namun, perlu diperhatikan bahwa penggunaan pelembab semacam ini masih mungkin menyebabkan timbulnya masalah kulit, tergantung pada kecocokannya dengan kulit Anda. Oleh karena itu, bagi Anda yang tidak ingin terus berurusan dengan masalah jerawat, gunakanlah produk dengan label “non-comedogenic tested” dan pastikan juga untuk memilih produk yang kandungan bahannya cocok dengan kondisi kulit Anda.
  3. Pilih yang teksturnya ringan dan halus di kulit. Sama seperti ketika memilih produk perawatan kulit lainnya, sebaiknya pilihlah pelembab untuk perawatan kulit berjerawat yang tidak menimbulkan iritasi dan tidak banyak mengandung zat aditif. Mungkin saja ada produk yang populer karena teksturnya yang kenyal. Namun, untuk mendapatkan tekstur semacam itu, bisa jadi ditambahkan berbagai macam zat aditif ke dalam produk tersebut. Sebisa mungkin pilihlah pelembab yang teksturnya ringan dan tidak mengandung banyak bahan aditif agar tidak membebani kulit wajah Anda. Tidak jarang orang menggunakan produk pelembab wajah yang bersifat menyegarkan karena asumsi kulit berminyak adalah penyebab munculnya jerawat. Namun, perlu diperhatikan bahwa kulit kering juga bisa meningkatkan produksi sebum wajah untuk menyeimbangkan kondisi permukaan kulit, yang pada akhirnya juga menyebabkan timbulnya jerawat. Oleh karena itu, gunakanlah produk pelembab yang dapat menjaga kelembaban kulit, terutama untuk pemilik jenis jerawat di usia dewasa.
  4. Pilih yang sesuai dengan jenis jerawat. Sebelum memilih produk pelembab wajah untuk kulit berjerawat, penting untuk memahami jenis jerawat yang muncul di wajah Anda. Jerawat di usia dewasa dan jerawat di usia remaja muncul akibat penyebab yang berbeda sehingga masing-masing membutuhkan perawatan yang berbeda pula. Oleh karena itu, periksalah dengan seksama jenis jerawat Anda. Untuk jerawat di usia remaja, pilih pelembab yang dapat merawat permukaan kulit secara maksimal. Pada masa remaja, sekresi sebum pada kulit sedang aktif-aktifnya sehingga mengganggu keseimbangan kulit. Hal ini dapat menyebabkan munculnya masalah pada kulit wajah di usia remaja. Untuk mengatasi masalah jerawat di usia remaja semacam itu, dianjurkan untuk menggunakan tipe pelembab yang bisa membersihkan sisa-sisa sebum di kulit wajah atau yang mengandung bahan antibakteri dan bahan peeling. Karena metabolisme kulit yang aktif di usia remaja, pemakaian pelembab yang mampu membersihkan sebum berlebih pada kulit akan lebih efektif untuk mengatasi masalah jerawat. Namun, Anda juga tidak boleh mengabaikan fungsi kelembaban dari suatu produk. Pilihlah produk pelembab yang memiliki fungsi bakterisida sekaligus mampu memberikan kelembaban yang tinggi pada kulit Anda.

Setelah memberikan berbagai tip cara memilih pelembab untuk kulit berjerawat, berikut ini kita akan membahas tentang beberapa produk pelembab terbaik untuk kulit berjerawat.

  • Erha 21 Acne Care Lab Acne Clarifying Gel. Erha 21 Acne Care Lab Acne Clarifying Gel diperkaya dengan sebum regulator yang berfungsi untuk mengurangi dan mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit. Produk pelembab yang satu ini juga mampu mengatasi kemerahan pada wajah sehingga sangat pas bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat maupun rentan berjerawat. Asam salisilat dan AHA yang terdapat dalam Erha 21 Acne Care Lab Acne Clarifying Gel bertugas sebagai agen exfoliate dan berguna untuk mengangkat sel kulit mati sehingga cocok mengatasi jerawat yang muncul di usia remaja. Karena memiliki kandungan AHA yang rentan menyebabkan iritasi pada kulit ketika terkena matahari, disarankan untuk mengaplikasikan sunblock saat memakai produk ini, atau hanya menggunakannya pada malam hari.
  • Wardah Acne Perfecting Moisturizer Gel. Produk pelembab yang satu ini bisa mencegah timbulnya jerawat dengan menjaga kelembaban dan kesehatan kulit. Wardah Acne Perfecting Moisturizer Gel memiliki tekstur yang ringan sehingga cepat meresap dan tidak akan membebani kulit wajah Anda. Selain fungsi utamanya untuk melembabkan, produk ini juga diperkaya dengan SPF18 yang mampu melindungi kulit Anda dari radiasi sinar UV, triclosan yang berfungsi untuk mencegah timbulnya jerawat, serta ekstrak witch hazel yang bertugas mengontrol kadar minyak di kulit. Wardah Acne Perfecting Moisturizer Gel juga mengandung pro vitamin B5 dan vitamin E yang berfungsi untuk menjaga kelembaban alami kulit dan melindunginya dari paparan radikal bebas. Karena harganya yang cukup terjangkau dan telah memiliki lisensi halal, produk lokal ini bisa cukup diminati oleh banyak kalangan wanita di Indonesia.
  • The Body Shop Tea Tree Mattifying Lotion. Penggunaan tea tree oil organik pada The Body Shop Tea Tree Mattifying Lotion ini menghasilkan pelembab yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat serta membantu meredakan jerawat yang muncul pada kulit wajah. Selain itu, produk ini juga dapat merangsang pembentukan jaringan kulit yang rusak akibat jerawat. Formula yang ringan pada The Body Shop Tea Tree Mattifying Lotion membuatnya mudah meresap dan mampu menghidrasi kulit dengan maksimal tanpa menyumbat pori-pori sehingga akan mengurangi risiko munculnya masalah kulit lainnya. Produk yang cocok digunakan sebagai pelembab pada siang hari ini juga akan menjadikan tekstur kulit Anda lebih halus tanpa meninggalkan rasa berminyak.
author
Author: 

    Leave a reply "Rekomendasi Produk Pelembab Wajah Untuk Kulit Berjerawat"