Cara Membuat Medium PDA dan PDB

Pengenalan Dasar Medium Potato Dextrose Agar dan Broth (PDA dan PDB)

Medium PDA dan PDB adalah medium yang terbuat dari air rebusan kentang dan dekstrosa. Agar dapat ditambahkan sebagai pemadat dalam pembuatan PDA. Medium ini merupakan medium umum untuk menumbuhkan berbagai jenis cendawan. Baik khamir, kapang, maupun jamur. Medium ini dapat digunakan dalam laboratorium maupun pertanian dan industri untuk bertanam jamur. Pada artikel ini akan dijelaskan fungsi dan cara membuat medium PDA dan PDB.
Medium PDA dan PDB dapat dimodifikasi dengan menambahkan senyawa anti-bakteri seperti antibiotik kloramfenikol untuk mencegah kontaminasi bakteri. Pada medium ini juga dapat ditambahkan senyawa fungal static, senyawa yang menghambat pertumbuhan cendawan jika Anda ingin menumbuhkan cendawan dengan pertumbuhan lambat. Contoh dari cendawan yang memiliki pertumbuhan lambat adalah cendawan endofit. Contoh dari senyawa fungal static yang banyak digunakan adalah rose bengal. 

cara membuat medium PDA
Pertumbuhan kapang Aspergillus dan Penicillium pada medium PDA (Sumber: http://www.microbiologyinfo.com/)

Read moreCara Membuat Medium PDA dan PDB

Pencarian terkait:

17 Manfaat Bakteri Probiotik Bagi Kesehatan Manusia

Mengenal Bakteri Probiotik

Definisi dan Contoh Makanan yang Mengandung Probiotik

Bakteri probiotik adalah jenis-jenis ‘bakteri baik’ yang jika berada pada jumlah banyak, yang dapat meningkatkan kesehatan inangnya (FAO dan WHO, 2002).  Meski kebanyakan probiotik yang dikenal adalah bakteri, beberapa mikroorganisme lain seperti Saccharomyces boulardii, dari kelompok khamir (Kingdom Fungi, cendawan) juga termasuk probiotik.

bakteri probiotik
Yogurt, salah satu produk makanan olahan susu yang mengandung bakteri probiotik

Jika dibandingkan dengan obat maupun suplemen lain, probiotik umumnya lebih populer dikalangan masyarakat. Hal ini terjadi karena probiotik dapat dikonsumsi sebagai produk makanan maupun minuman yang menyegarkan. Produk makanan dan minuman tersebut mengandung probiotik akibat proses pembuatannya yang melibatkan mikroorganisme tertentu. Contoh dari makanan atau minuman yang kaya akan probiotik adalah:

Read more17 Manfaat Bakteri Probiotik Bagi Kesehatan Manusia

Pencarian terkait:

Teixobactin : Antibiotik Baru Yang Membunuh Bakteri Tanpa Menimbulkan Resistensi

Pertambahan mikroorganisme resisten antibiotik (Multidrugs Resistence Microorganism, MDRO) merupakan penyebab penyakit infeksi yang menyebabkan mortalitas tinggi, terutama pada negara berkembang (Arias dan Murray 2012). MRDO adalah mikrob patogen pada manusia yang mampu bertahan terhadap antibiotik. Serangan penyakit akibat MRDO tersebut diperkirakan akan menyebabkan mortalitas lebih besar dibandingkan kanker pada beberapa tahun mendatang (WHO, 2014). Sementara itu, jumlah senyawa antibiotik baru yang dikembangkan sangat sedikit, membutuhkan biaya besar dan waktu yang sangat lama untuk mengembangkannya, hingga kebutuhan akan antibiotik baru tidak dapat dipenuhi (Bush et al. 2011).

Read moreTeixobactin : Antibiotik Baru Yang Membunuh Bakteri Tanpa Menimbulkan Resistensi

Pencarian terkait:

Sejarah Kelam Penemuan Antibiotik

Sekilas Tentang Antibiotik

Antibiotik adalah senyawa antimikrob yang mampu menghambat bahkan membunuh bakteri. Setiap pemberian obat, biasanya dokter juga memberikan antibiotik. Antibiotik digunakan untuk menekan pertumbuhan bakteri patogen yang berbahaya bagi tubuh agar tidak terjadi infeksi lebih lanjut.
sejarah antibiotik
Contoh dari antibiotik yang banyak digunakan adalah Streptomisin, sulfa drug, dan penisilin. Seluruhnya merupakan antibiotik pertama yang pada awalnya hanya berasal dari uji laboratorium.

Read moreSejarah Kelam Penemuan Antibiotik