Estimasi Aktivitas Penambatan Nitrogen Biologis (Aktivitas Enzim Nitrogenase)

Menguji aktivitas penambatan nitrogen biologis adalah usaha untuk mengetahui jumlah gas nitrogen (N2), yang diikat oleh suatu mikroorganisme atau tumbuhan yang bersimbiosis dengan mikroorganisme penambat nitrogen. Uji ini dilakukan untuk mengetahui mikroorganisme penambat nitrogen potensial maupun untuk mengetahui apakah laju penambatan nitrogen berubah dengan signifikan pada tumbuhan yang telah diberi mikroorganisme penambat nitrogen tertentu, misalnya bakteri Rhizobia dan beberapa bakteri endofit penambat nitrogen. Cara mengukur aktivitas nitrogenase atau laju penambatan nitrogen oleh suatu mikroorganisme adalah sebagai berikut:

Read moreEstimasi Aktivitas Penambatan Nitrogen Biologis (Aktivitas Enzim Nitrogenase)

Medium Nutrient Agar – Komposisi, Kegunaan dan Cara Membuatnya

Nutrient agar adalah medium yang diklasifikasikan sebagai medium sintetik terstruktur karena tersusun oleh komponen yang pasti jenis dan kuantitasnya. Medium Nutrient agar merupakan medium umum yang dapat digunakan untuk menumbuhkan dan menghitung populasi berbagai jenis bakteri.

Read moreMedium Nutrient Agar – Komposisi, Kegunaan dan Cara Membuatnya

Pencarian terkait:

Anda Diet dan Tetap Gemuk? Salahkan Bakteri Saluran Pencernaan Anda!

Gagal Diet Bisa Saja Diakibatkan Oleh Bakteri-bakteri Pada Saluran Pencernaan Anda!

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, pasti banyak hal yang Anda lakukan, mulai dari berolahraga rutin, mengatur ransum makanan yang Anda konsumsi bahkan mengonsumsi berbagai obat dan suplemen yang diklaim mampu membantu Anda mendapatkan berat badan yang ideal.

Read moreAnda Diet dan Tetap Gemuk? Salahkan Bakteri Saluran Pencernaan Anda!